Pengadaan dan Distribusi Benih Bawang Merah UPLAND Tahun 2023 Tuntas

Sebarkan:

Sumbawa Besar, KA.

Proses pengadaan dan distribusi bibit/benih bawang merah program Upland tahun 2023 di Kabupaten Sumbawa sebanyak 206 ton tuntas dilaksanakan.

Kabid Sarana Dinas Pertanian Sumbawa selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Sukiman kepada awak media, menjelaskan, pengadaan bibit bawang merah Rp 7 Miliar itu dilaksanakan  oleh  kontraktor CV  Jaya Dian Riezki asal Tegal Jawa Tengah, terhitung sejak pertengahan Mei 2023 telah dinyatakan tuntas dan selesai menyusul telah diterimanya bibit bawang merah tersebut dengan baik oleh kelompok petani penerima manfaat di daerah ini.

Dijelaskan, pengadaan 206 ton benih/bibit bawang merah program Upland tahun 2023  terdiri dari benih bawang merah berlabel biru sebanyak 195 ton dan berlabel ungu sebanyak 11 ton, dengan nilai anggaran Rp 7 Miliar,.

"Alhamdulillah  pihak kontraktor penyedia barang  CV Jaya Dian Riezki asal Tegal Jawa Tengah telah selesai  mendistribusikan 200 persen kepada kelompok tani penerima manfaat sebelum masa kontrak berakhir,” kata Sukiman.

Benih bawang merah tersebut, terang Sukiman, didistribusikan dan diterima langsung di lokasi kelompok petani bawang merah Upland penerima manfaat sejak 27 Maret lalu.

Kelompok tani tersebut tersebar di Desa Pidang Tarano, Desa Gapit dan Bunga Eja Kecamatan Empang, Desa Serading Moyo Hilir, Sepayung Plampang, Utan dan Desa Lopok.  Bahkan telah diterima dengan baik oleh para petani di Kecamatan Lape, Unter Iwes dan Lunyuk pada pertengahan Mei 2023.

"Jadi  proses pengadaan maupun dropping sampai dilokasi serta penyerahan kepada kelompok tani tuntas dengan baik sebagaimana yang diprogramkan,"ucapnya.

Diakuinya, dari hasil monitoring dan evaluasi yang dilakukan, sejauh ini dari bibit bawang merah Upland 2023 yang diterima pertama oleh kelompok tani Oi Libi Dango Desa Pidang dibawah koordinator ketuanya Soni Harsono dinilai telah tumbuh dengan baik diatas areal lahan seluas 7,5 Hektare.

"Hal ini tentu menggembirakan bagi para petani bawang yang sebentar lagi akan melakukan panen perdana," tukasnya.

Sebelum bibit bawang merah tersebut diserahterimakan kepada kelompok petani penerima, maka terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan dokumen dan mutu benih oleh petugas Pengawas Benih Tanaman (PBT) dari Balai Pengawas dan Sertifikasi Benih Pertanian NTB, sehingga benih yang diterima oleh KPM benar-benar dalam kondisi baik dan sesuai dengan spesifikasi yang ditentukan,

Sementara itu Kasi Datun Kejari Sumbawa Ida Bagus Putu Swadharma SH MH salah seorang anggota tim Supervisi (APH), menyatakan sesuai dengan MoU, terkait dengan program pendampingan atas pengadaan bibit benih bawang merah Upland tahun 2023 ini, maka dari hasil pengawasan maupun monitoring dan evaluasi yang dilakukan sejauh ini proses pelaksanaan pengadaan benih bawang merah Upland tahun 2023 ini dinilai berjalan baik (On Progres) tanpa ada kendala, bahkan progres pendistribusiannya hingga pertengahan Mei ini telah tuntas 100% sebelum masa kontrak berakhir.

“Kami menyampaikan apresiasi atas kinerja dan tanggung jawab pekerjaan yang ditunjukkan baik oleh PPK beserta jajarannya maupun kepada rekanan CV.JDR asal Tegal Jawa Tengah yang telah menyelesaikan pendistribusian benih bawang merah Upland tahun 2023 dengan baik kepada kelompok tani penerima manfaat di Kabupaten Sumbawa,” pungkasnya.(KA-01)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini