Bawaslu Sumbawa Ajak Media Awasi Pemilu Serentak 2024

Sebarkan:

Sumbawa Besar, KA.

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Sumbawa, mengajak media massa untuk bersama-sama mengawasi pemilu serentak 2024 mendatang. 

Ajakan itu, disampaikan Bawaslu pada  sosialisasi pengawasan partisipatif kepada awak media  di aula Hotel Cirebon, Rabu (24/05/2023).K

Koordinator Divisi Pencegahan, Hubungan Masyarakat dan Partisipasi Masyarakat Bawaslu NTB, Hasan Basri mengatakan, media adalah stakeholder kunci dalam melaksanakan kinerja pengawasan dan kehumasan. Karena dalam aturan Bawaslu, hal ini jelas diatur. 

“Media massa dilibatkan karena mampu memberikan siar serta sair pencegahan dan pengawasan yang dilakukan oleh Bawaslu,” ungkapnya.

Ia mengingatkan Bawaslu Kabupaten Sumbawa, titik konsennya bagaimana menyiarkan upaya pencegahan yang sudah dilakukan. Serta melakukan tindak lanjut dengan membuat grup-grup media sosial. Sehingga, komunikasi dan koordinasi selalu terjalin. 

"Sebab, kepercayaan masyarakat terhadap media, terutama media mainstream saat ini sangat tinggi," tukas Hasan Basri.

Kepada media ia juga diharapkan, dalam melakukan siar, harus memperhatikan aturan yang ada di Bawaslu. Jika Bawaslu dan media bersinergi, maka pemilu akan berjalan dengan aman dan lancar. 

“Kami berharap ada bentuk konkrit kerjasama media dan Bawaslu dalam rangka menyukseskan pemilu serentak 2024 mendatang,” imbuhnya.

Sementara itu,  Ketua Bawaslu Kabupaten Sumbawa, Syamsihidayat, SIP mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk memaksimalkan pengawasan masyarakat dalam pemilu ini. Karena itu, semua lapisan masyarakat dilibatkan dalam pengawasan partisipatif ini. 

“Pengawasan partisipatif ini atas kesadaran kita semua. Karena diatur dalam undang-undang pemilu. Atas dasar itu kami melaksanakan tugas kami,” terang Syamsi.

Menurutnya, keterlibatan media massa dirasa penting. Yakni untuk menyebarkan kegiatan yang dilaksanakan oleh Bawaslu dan KPU selaku penyelenggara pemilu. "Karena itu kami harapkan  peran serta partisipatif media dalam pengawasan pemilu. Minimal menginformasikan terkait dugaan pelanggaran yang terjadi," pungkasnya.

Adapun tampil sebagai Nara sumber dalam sosialisasi kali ini, yakni Kadis Kominfotik Sandi Kabupaten Sumbawa, Drs Hasanuddin yang membawakan materi, Pengaruh Media Massa dalam Peningkatan Partisipasi Pemilih di Pemilu 2024.

Nara sumber lainnya, Sekretaris PWI Kabupaten Sumbawa, Abu Sofyan Muchtar yang membawakan materi Peran Media Dalam Pemilu Serentak Tahun 2024.(KA-01)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini