Imigrasi Sumbawa Bahas Persiapan Launching Aplikasi Cekal Online

Sebarkan:

Sumbawa Besar, KA.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sumbawa Besar Kanwil Kemenkumham NTB, Pungki Handoyo bersama jajaran Pejabat Struktural dan staf mengikuti kegiatan Pembahasan Launching dan Kesiapan Aplikasi Cekal Online secara virtual yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Imigrasi di Aula Kanim Sumbawa Besar, Selasa (25/01/2022).


Dalam paparannya, Direktur Sistik, Agato Simamora menjelaskan "Aplikasi cekal yg kita miliki sekarang adalah ECS yang merupakan hibah dari Australia pada tahun 2007, namun ditahun 2022 ini Ditjen Imigrasi berkomitmen untuk melakukan build up aplikasi sendiri yang akan dilaunching dalam waktu dekat," tegas Agato.

Grand design cekal online ini ada beberapa poin penting, diantaranya; digitalisasi proses pengajuan cegah/tangkal, digitalisasi proses pencabutan cekal, hak akses aplikasi cekal online, laporan data cekal, aplikasi web based, akses menggunakan jaringan ditjen imigrasi.

Aplikasi cekal online  merupakan figure dari Direktorat Jenderal Imigrasi yang dirancang untuk memberikan kemudahan dan keamanan dalam pelaksanaan Pencegahan dan Penangkalan, dengan adanya aplikasi ini petugas di satuan kerja tidak perlu lagi mengirim surat ke Direktorat Wasdakim guna mengajukan permohonan cegah/ tangkal atau Daftar Pencarian Orang (DPO).

Peluncuran aplikasi Cekal Online direncanakan bertepatan dengan puncak perayaan Hari Bhakti Imigrasi ke-72 yang jatuh pada tanggal 27 Januari 2022. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan pemanfaatan dan kesiapan dalam penggunaan aplikasi ini dapat digunakan secara bijak demi menunjang tugas dan fungsi dari pengawasan keimigrasian.(KA-94)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini