Gempa Tektonik Magnitudo 4,3 Guncang Sumbawa

Sebarkan:

Sumbawa Besar, KA.

Gempa bumi tektonik mengguncang wilayah Kabupaten Sumbawa pukul 16:55:58 WITA, Kamis (16/09/2021).

Kepala Stasiun Geofisika Mataram, Ardhianto Septiadhi S.Si, dalam keterangan Persnya, Kamis menyebutkan, hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan M=4,3. Episenter terletak pada koordinat 8,34° LS; 117,22° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 24 km timur Dusun Pernang Desa Labuhan Burung Kecamatan Buer, Sumbawa, NTB pada kedalaman 10 km.

Dijelaskan Ardhianto, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktifitas sesar naik busur belakang Flores (Flores Back Arc Thrust). Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault).  

Adapun dampak gempabumi berdasarkan laporan masyarakat, terang Ardhianto, berupa guncangan dirasakan di wilayah Sumbawa III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu). 

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan tsunami dengan sumber gempabumi tektonik menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami," tegasnya.

"Hingga hari Kamis, 16 September 2021 pukul 17:33 WITA, hasil monitoring BMKG mencatat adanya 3 aktivitas gempabumi susulan (aftershock)," imbuhnya.

Karenanya, ia mengimbau masyarakat dagar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya. Selain itu,  agar menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. 

"Periksa dan pastikan bangungan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah," pungkasnya.

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg.(KA-04)


Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini