Unggul Quick Count, Puspoll Indonesia Ucapkan Selamat kepada Jarot-Mokhlis

Sebarkan:


Sumbawa Besar, KA.

Lembaga Survey Puspoll Indonesia menyampaikan ucapan selamat kepada pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa, Ir. H. Syarafuddin Jarot MP—Ir. H. Mokhlis M.Si (Jarot—Mokhlis) atas perolehan suaranya pada Pilkada Sumbawa 2020 yang mengungguli pasangan Drs. H. Mahmud Abdullah—Dewi Noviany M.Pd (Mo—Novi). 

“Melalui kesempatan ini saya ingin menyampaikan selamat kepada Paslon Jarot-Mokhlis yang sudah unggul pada Pilkada Sumbawa versi Quick Count yang dilakukan Puspoll Indonesia,” ucap Muslimin Tanja, Direktur Eksekutif Puspoll Indonesia, dalam keterangan persnya, Kamis (10/12). 

Eks Direktur Riset Charta Politika ini mengatakan, quick count yang dilakukan Puspoll pada 9 Desember 2020 di Pilkada Sumbawa, setelah semua data masuk. Data ini menunjukkan bahwa paslon nomor 01 (Husni-Ikhsan) meraih 16,25%, nomor 02 (Nursalam) 14,91%, nomor 03 (Talif Sudir) 19,48%, nomor 04 (Mo—Novi) 24,19% dan nomor 05 (Jarot—Mokhlis) 25,17%. Data masuk ini ungkap Muslimin, menunjukkan bahwa sementara yang unggul adalah Paslon 05 Jarot-Mokhlis, selisih tipis dengan paslon 04 Mo—Novi. 

Dalam quick count, Puspoll mengambil sampel 200 TPS dengan margin of error plus minus 2%. Artinya, jika dilihat memang relative yang unggul adalah Paslon Jarot—Mokhlis, meskipun memang masih dalam margin of error. “Biasanya quick count yang kita lakukan ini tidak jauh bahkan tidak melebihi 1% dengan hasil resmi KPU,” tegas Muslimin.

Namun yang ingin disampaikannya, bahwa yang dilakukan Puspoll Indonesia bukanlah hasil resmi tetapi akan menjadi rujukan atau gambaran bagi paslon bagaimana suara yang mereka peroleh. “Apakah nanti hasilnya tetap atau kemudian ada perubahan, paling tidak kami ingin sampaikan secara ilmiah dan pertanggungjawaban akademis kami bahwa quick count yang kami lakukan pada tanggal 9 Desember dengan sampel 200 TPS dan dan margin of error 2%, yang unggul adalah Jarot—Mokhlis. Jadi, sekali lagi saya ucapkan selamat,” imbuhnya. 

Untuk diketahui, kata Muslimin, hasil quick count yang dilakukan ini hampir mirip dengan hasil survey Puspoll yang dilakukan Bulan Oktober dan akhir November hingga awal Desember 2020. Dari hasil survey ini, jauh-jauh hari Puspoll menyampaikan bahwa pertarungan di Pilkada Sumbawa akan terjadi persaingan Paslon Jarot-Mokhlis dan Mo-Novi. Dari survey ini juga Jarot—Mokhlis trendnya cenderung naik, sedangkan Mo—Novi relative stagnan. Kondisi ini tidak bergeser sampai hari pencoblosan. (KA-01)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini