Dukung Pembangunan Ekonomi, Fasilitas Galangan Kapal di Lembar akan Ditingkatkan

Sebarkan:

 


Mataram, KA.

Sebagai salah satu penunjang utama sektor pembangunan ekonomi, kelengkapan sarana dan prasarana transportasi laut menjadi atensi Pemerintah dan stakeholder terkait. Hari ini, PT Dukuh Raya Shipyard yang bergerak pada bidang  galangan kapal bersilaturahmi dengan Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah di Ruang Kerja Gubernur, Rabu, 23 Desember 2020.

Dalam kesempatan ini, Direktur Utama PT. Dukuh Raya Shipyard, Ir. H. Agus Salim Rabang, menyampaikan bahwa galangan kapal yang berlokasi di Lembar Lombok Barat saat ini akan ditingkatkan lagi fasilitasnya. Terlebih, pelabuhan di NTB saat ini telah meningkat levelnya menjadi level internasional.

"Oleh karena itu kita diminta pemerintah untuk membangun fasilitas yang lebih besar untuk bisa menampung kapal-kapal untuk docking di Lembar," ujar Agus.

Ia pun mengungkapkan jika saat ini galangan yang ada telah melayani kapal-kapal yang melintas Bali dan Nusa Tenggara, bahkan adapula beberapa kapal yang berasal dari daerah lain. Bahkan, Agus mengungkapkan bahwa dalam waktu satu bulan, galangan kapal yang ada saat ini mampu memperbaiki hingga empat kapal. Untuk itu, pengembangan fasilitas menjadi hal yang penting utamanya dalam meningkatkan pelayanan dan produktivitas.

"Untuk pembangunan yang baru ini kita rencanakan tahun depan, tahun 2021, sebetulnya tahun ini, tapi karena pandemi itu akhirnya tertunda," ungkapnya.

Agus berharap pembangunan galangan kapal yang berlokasi di Desa Labuan Tereng Kecamatan Lembar Kabupaten Lombok Barat dapat berjalan lancar dan memperoleh dukungan penuh dari pemerintah.

"Semoga pemerintah juga memberikan dukungan dalam rangka pengembangan dan peningkatan fasilitas galangan kita," harapnya.

Terkait dengan hal tersebut, Gubernur NTB Dr. H Zulkieflimansyah merespon dengan baik, terlebih akan ada begitu banyak event yang akan dihelat di NTB di tahun-tahun mendatang. Oleh sebab itu, Ia meminta terkait persoalan teknis dan kebutuhan lainnya dapat segera dikoordinasikan, khususnya dengan Dinas Perhubungan.

"Kita dukung, jadi teknisnya nanti dapat terus dikomunikasikan dengan Dishub," ucapnya.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi NTB, Drs. Lalu Bayu Windia, M.Si juga mengatakan bahwa Pemprov NTB akan turut andil sesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang diberikan. "Kita sudah mengambil bagian kita, bagian kita itu memperlancar proses, regulasi, perizinan, sampai dengan beroperasi dengan baik," terangnya.

Bayu juga mengatakan hal ini akan banyak menghadirkan manfaat bagi masyarakat lokal dan juga potensi di sekitarnya. Untuk itu, kehadiran galangan kapal yang semakin memadai diharapkan mampu mendorong perekonomian masyarakat.

"Ekonomi multiplier efeknya dari adanya ini, pertama-tama, tenaga lokal, kemudian ekonomi disekitar itu hidup, transportasinya, warung-warung, pokoknya teratasi," pungkasnya.( KA-04)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini