tayang 15/07/2020

Pengerjaan Proyek SPAM “Ai Ngelar” Terus Dikebut

Sebarkan:

Sumbawa Besar, KA.

Pengerjaan proyek strategis nasional pembangunan sumber mata air baku (SPAM) “Ai Ngelar” di Dusun Selang Desa Kerekeh Kecamatan Unter Iwes Sumbawa, saat ini terus dikebut.

Sejauh ini, progress fisik proyek APBN senilai  Rp 11 miliar dan dikerjakan oleh kontraktor  PT Fikri Bangun Persada itu telah mencapai sekitar 90 persen.


Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Balai Wilayah Sungai Nusa Tenggara 1 (BWS NT-1), Adi Susianto ST, M.Eng  kepada awak media menyatakan pengerjaan proyek SPAM Ai Ngelar tersebut berjalan lancar sesuai schedule yang ditetapkan.

“Semuanya on schedule, progress fisik hingga akhir Oktober telah mencapai sekitar 90 persen. Kami optimis proyek ini bisa rampung akhir tahun anggaran,” ungkapnya. 

Dari hasil monitoring dan evaluasi, diakuinya, sejauh ini dalam pelaksanaan dilapangan tidak ditemui adanya kendala berarti, karena kontraktor pelaksana telah bekerja sesuai schedule program yang ditetapkan serta didukung tenaga kerja, peralatan dan pasokan material yang ‘on site’.

“Alhamdulilah, progress fisiknya sudah mencapai 90 persen, untuk bagian Intake sudah rampung 100 persen,” tukasnya.

Sementara itu, pekerjaan bak penampungan, reservoir dan Instalasi Pengoahan Air (IPA) sedang dalam proses penyelesaian.

“Saat ini pekerjaannya lebih fokus untuk menyelesaikan sisa pekerjaan fisik 10 persen, baik itu pekerjaan pelintasan maupun penyambungan, pemasangan dan penanaman pipa yang sudah dikerjakan sepanjang 5 Km dari target 8 Km,” terangnya.

Melihat progress pekerjaan, ia menyatakan optimistis proyek tersebut bisa rampung akhir Desember mendatang.

“Jika melihat progres pekerjaan yang on the track  dan on schedule kami optimis paling tidak minggu kedua Desember 2020 mendatang seluruh pekerjaan bisa tuntas,” tandasnya.

Sementara itu, Kabag Pembangunan Setda Sumbawa Usman Yusuf SE. ME, menyatakan, dari dari monev yang dilakukan, pelaksanaan proyek SPAM Ai Ngelar ini telah berjalan On Schedule. 

Bahkan, masyarakat sekitar proyek kini telah merasakan manfaat dengan dibukanya jalan yang cukup lebar untuk akses ke lokasi dan jalur pipa.

“Saat ini akses warga Desa Mokong, Selang, Ai Ngelar dan Kerekeh untuk ke kota Sumbawa Besar jadi lebih mudah,” ungkapnya.

Kepala Dinas Perumah Rakyat dan Kawasan Pemukiman (PRKP) Sumbawa Drs. H. Burhanuddin MT menyatakan optimisnya proyek pembangunan SPAM Ai Ngelar tuntas dalam tahun 2020 ini.

Diharapkan, dengan tambahan kapasitas debet air 100 liter perdetik itu mampu mengatasi kekurangan pasokan air bersih masyarakat selama ini.

“Untuk tahun 2021 mendatang diharapkan dapat dilanjutkan dengan pembangunan jaringan pipa air bersih sehingga pasokan air bersih kepada pelanggan dapat berjalan lancar sebagaimana yang diharapkan,” pungkasnya.(KA-01)


Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini