tayang 15/07/2020

Sasar ODP di Tiga Kecamatan, HMS Kembali Bantu Warga Terdampak Covid 19

Sebarkan:

Sumbawa Besar, KA.
H. Muhammad Syafrudin, ST, MM atau lebih akrab disapa HMS yang  juga anggota DPR RI Fraksi PAN Dapil NTB 1 (Pulau Sumbawa) terus menyasar sejumlah warga berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP) .
Dalam sehari, Senin (13/04/2020), HMS melalui relawannya menyasar  3 kecamatan di Sumbawa, yakni Kecamatan Lopok, Moyo Hulu dan Untir Iwes. Sedikitnya 30 KK berstatus ODP menerima bantuan paket sembako dari relawan HMS.
Surahman, MD, SH MH, selaku tim Relawan HMS, kepada media ini, menyebutkan, puluhan warga berstatus ODP tersebut merupakan mahasiswa dan pencari kerja yang merantau ke daerah zona merah, seperti Lombok, Bali dan Jakarta. Selain  itu, juga termasuk ibu rumah tangga baik yang masih dalam penampungan maupun sudah menjadi TKW ke luar negeri dan mereka dipulangkan oleh majikannya.
“Saat ini ODP yang menjadi sasaran utama penerima bantuan dari HMS adalah mereka yang telah dinyatakan sebagai ODP  dan kondisi ekonomi menengah ke bawah,” ungkap Man, sapaan akrabnya.
Abdul Wahab, S.Ap, selaku Pj. Kades Lopok menyebutkan, bahwa bantuan tersebut diberikan langsung kepada para penerima berstatus sebagai ODP.
Sejauh ini, bantuan tersebut baru tersalurkan kepada sebanyak 16 rumah dari 30 lebih masyarakat yang dinyatakan sebagai ODP, seperti Rohani (48), Adhim M (20), Inaq Sahdan (67), Kapi (66), Susi Susanti (23), Navita (15), Al Mujaddid (16), Saguni (46), M. Hilir (50), Safira (14), Farida (16), Ipan Sofian (16), Bahiya (38), Aulia (12), Dodi (17) dan Samsul (45).
“Sementara sisanya yang baru terdata hari ini dan yang telah mau habis masa isolasi diri dalam 1-2 hari ke depan,” terangnya.
Bantuan tersebut,sambungnya, diserahkan langsung kepada penerima didampingi oleh BPD, Babinsa, staf Desa, Semua Kepala Dusun penerima dan Tokoh Masyarakat,
“Dengan adanya bantuang langsung dari HMS masyarakat sangat bersyukur dan berterima kasih bahwa dalam Kondisi Kabupaten Sumbawa dengan status rawan Covid-19 masih juga ada relawan yang peduli kepada masyarakatnya,” ungkapnya.
Begitu juga di Kecamatan Moyo Hulu, Pj. Kepala Desa Marga Karya Kecamatan Moyo Hulu Mastari didampingi Kepala Dusun, Ketua BPD, Babinsa,  dan Tokoh masyarakat bersama Tim Relawan HMS secara langsung mendatangi 10 rumah, dan dinyatakan sebagai status ODP diantaranya, Eka Sustiani (20), Unun (18), Dini (18), Rusmadi (25), Novita Sari (19), Lia Agustina (30), Nana (35), Gigin (21), Wiwin (23) dan Ninik (18).
Pada kesempatan itu Pj. Kades Marga Karya menyampaikan ucapan terima kasih kepada H. Muhammad Syafrudin, ST, MM atau lebih akrab disapa HMS melalui relawan yang sekaligus sebagai Kuasa Hukumnya Surahman, MD, SH, MH.
Menurutnya, hal tersebut ia rasa merupakan suatu anugrah yang luar biasa, dimana masyarakat sedang terkena musibah seperti ini, HMS secara langsung hadir ditengah-tengah masyarakat guna memberikan bantuan berupa kebutuhan pokok seperti Beras, Mi instan, Minyak dan Air mineral.
Ia menambahkan masyarakat yang telah dituntujuk sebagai penerima bantuan ini adalah murni masyarakat yang terkena dampak langsung Covid-19 yang harus dilakukan isolasi mandiri di rumahnya masing-masing.
“Penerima bantuan ini merupakan masyarakat yang ekonominya benar-benar sulit. Kedatangan atau kepulangannya mereka dari zona merah (rawan Covid-19) seperti Bali, Lombok, Surabaya, lunyuk serta Jogja berstatus sebagai mahasiswa dan pencari kerja,” terangnya.
Sementara dari Kecamatan Unter Iwes tepatnya di Desa Kerato telah bertambah jumlah 3 warga yang telah dinyatakan ODP dari hari sebelumya, yakni Sirwani (19), Ilham  Almusuki (17) dan Khaerunnisa (23).
Man sapaan akrab Surahman, MD, SH, MH manambahkan, menyusul musibah yang terjadi saat ini khususnya di Kabupaten Sumbawa ini.
Ia  selaku relawan HMS tetap mengambil peran dalam misi kemanusiaan ini serta berperan aktif dalam rangka penanggulangan penyebaran wabah Covid-19 melalui berbagai cara.
“Insyallah besok kami akan mendirikan Posko Relwan peduli kemanusiaan serta dalam waktu dekat ini kami berencana untuk membagi masker, hal ini kami lakulan  untuk meminimalisir penyebaran Covid-19,” tukasnya.
Disinggung soal sumber anggaran misi kemanusian tersebut, Man menegaskan,  bahwa anggaran kegiatan kermanusiaan ini murni berumber dari donasi 50 persen dari gaji HMS selaku wakil rakyat yang kini duduk sebagai anggota DPR-RI Dapil Pulau Sumbawa dari Fraksi PAN.(KA-01)



Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini