Pemda Terus Genjot Pembangunan Infrastruktur di Kabupaten Sumbawa

Sebarkan:

Sumbawa Besar, KA.
Cukup banyak infrastruktur di Kabupaten Sumbawa yang diupayakan pembangunannya oleh Pemerintah Daerah. Mulai dari dermaga, jaringan telekomunikasi, bendungan, serta lainnya. Hal itu tidak lain untuk menyamanan akses yang diperoleh masyarakat.
Seperti yang disampaikan Kepala Bappeda Sumbawa, Ir. H. Junaidi, kaitan dengan akses masyarakat ke pulau, saat ini sudah dibangun beberapa dermaga menuju daerah pulau. Dimana sebelumnya dermaga Sebotok telah terbangun, sementara saat ini dermaga Medang sedang berproses. Tinggal sekarang Pemda mengupayakan peningaktan sarana transportasi apung, untuk kelancaran masyarakat dalam bertransportasi.
‘’Dengan sekarang ada dua (Kapal apung) yang bolak balik, dan dermaga itu sudah berfungsi, maka bisa teratasi akses terisolirnya wilayah pulau-pulau ini,’’ tuturnya kepada wartawan Sabtu (7/12/2019).
Terhadap akses telekomunikasi, hampir seluruh wilayah di Kabupaten Sumbawa sudah terakses dengan internet, melalui pembangunan 18 titik blank spot, seperti di Tangkampulit, Baturotok dan lainnya. ‘’Kalau berfungsi tahun ini semua, mudah-mudhan bisa teratasi kaitan dengan keterbatasan telekomunikasi,’’ ujar Haji Jun.
Diungkapkan, saat ini Pemda Sumbawa sedang menyiapkan rencana pembangunan bendungan kerekeh di Kecamatan Unter Iwes. Diharapkan tahun 2020 seluruh administrasinya sudah tuntas. Bahkan Bupati Sumbawa telah bersurat ke Pemerintah Pusat, harapannya dapat membantu dari segi pengadaan lahannya. Ketika itu bisa tercapai, maka tahun 2021 dapat dilakukan pembangunan fisiknya.
‘’Disana (Kerekeh) juga ada juga infrastruktur lain yang bisa kita manfaatkan, kaitan dengan air baku, juga bisa mengatasi banjir, listrik dan parisiwata,’’ tuturnya.
Disampaikan, Pemda juga sekarang mendorong pembangunan Pelabuhan Teluk Santong di Kecamatan Plampang. Ini dalam rangka Sumbawa bisa menjadi titik tol laut. Untuk DEDnya sudah selesai, tinggal AMDAL yang sedang diupayakan.
 ‘’Di tahun 2020 cukup besar kita alokasikan dana untuk menyelesaikan seluruh prasyarat yang menjadi kewajiban Pemda. Sehingga tidak ada alasan lagi nanti Pusat tidak menggelontorkan anggaran ke kita,’’ tukasnya.
Kaitan dengan olahraga, lanjut Haji Jun, dalam rangka peningkatan SDM, ditahun 2020 Sumbawa mendapat dukungan anggarn yang besar untuk membangun GOR bertaraf internasional. Ditahun ini sebanyak 6 puskesmas telah dibangun.
Kaitan dengan puskesmas, ada 6 puskesmas yang baru dibangun. itu di daerah sulit semua. Kalau itu bsia tuntas, maka puskesmas kita bisa mendapat puskesmas yang layak diseluruh kecamatan. Dan sudah terakreditasi semua. Sehingga tinggal satu saja kendala kita yakni di sebotok. Selain itu, yang sedang didorong sekarang kaitan dengan Pasar. Itu diharapkan pembangunan Pasar Seketeng bisa segera tuntas. Sehingga ada sekitar 4000 lebih masyarakat yang bisa termanfaatkan lokasi itu nantinya.(KA-01)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini