tayang 15/07/2020

KPU Sumbawa Sosialisasikan SILON ke Balon Perseorangan

Sebarkan:

Sumbawa Besar, KA.
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbawa menggelar sosialiasi  pengenalan dan cara penggunaan aplikasi Sistem Informasi Pencalonan (SILON) kepada bakal calon Bupati dan wakil Bupati jalur perseorangan di Aula Kantor KPU, Senin (09/12/2019). Sosialiasi tersebut diikuti sejumlah pasangan dan tim pemenangan calon perseorangan Pilkada Sumbawa tahun 2020 mendatang.
Ketua KPU Sumbawa Wildan, M.Pd, kepada awak media, menjelaskan, tahapan Pencalonan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa tahun 2020 melalui jalur perseorangan telah dimulai. KPU Sumbawa telah mengumumkan tentang penyerahan dukungan bakal calon perseorangan tersebut 3 Desember2019. Sedangkan jadwal penyerahan 19-23 Pebruari 2020 mendatang.
Dijelaskan, berdasarkan Peraturan KPU No 18 tahun 2019 tentang perubahan kedua atas perasturan KPU No 03 tahun 2017 pencalonan pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati dan/atau walikota dan wakil walikota disebutkan  bahwa, dukungan bakal calon perseorangan adalah berupa surat pernyataan masing-masing pendukung yang ditempel KTP elektronik atau dilampiri surat keterangan dan memasukkan data pendukung tersebut dalam Sistem Informasi Pencalonan ( Silon red).
Selanjutnya, sambungnya, disampaikan ke KPU Sumbawa hasil cetak dari Sistem Informasi Pencalonan, yang  ditandatangani oleh bakal Pasangan.
”Hal inilah yang membedakan penyerahan dukungan bakal calon perseorangan pemilihan Bupati dan wakil Bupati sebelumnya dengan pemilihan Bupati dan wakil Bupati tahun 2020 mendatang,” ungkapnya.
Karenanya, KPU bekewajiban untuk mensosialisasikan secara intensif tata cara penggunaan aplikasi Silon kepada seluruh masyarkat yang berminat menjadi calon bupati dan wakil bupati sumbawa tahun 2020 melalui jalur perseorangan.
“Sehingga seluruh bakal calon perseorangan tidak mengalami kesulitan saat menyerahkan surat dukungan masing-masing pendukung pada jadwal yang telah ditetapkan,” pungkasnya.(KA-01)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini