tayang 15/07/2020

Progres Pembangunan Jembatan SAMOTA II Mencapai 99 Persen

Sebarkan:

Sumbawa Besar, KA.
Progres fisik proyek pembangunan jembatan SAMOTA II di Labu Sawo Dusun Omo, Desa Penyaring, Kecamatan Moyo Utara saat ini mencapai 99 persen. Pembangunan jembatan tersebut dipastikan rampung tepat waktu dan hanya menyisakan finishing.
Kontraktor pelaksana proyek Jembatan SAMOTA II,  Edy Sudarmin kepada awak media, menyebutkan, progress pekerjaan di lapangan saat ini sudah mencapai 99 persen dan hanya menyisakan item pengecatan dan pengaspalan di atas badan jembatan. Untuk pengaspalan belum berani dikerjakan karena betonnya belum benar-benar kering.
“Kami usahakan tidak ada masalah pada jembatan. Karena umur betonnya masih belum cukup (belum 28 hari red),” ungkap Daeng Baso, sapaan akrabnya kepada wartawan belum lama ini.
Dijelaskan,  rencana pengerjaan pengaspalan dilakukan pada 19 November. Karena harus menunggu usia beton. Jika usia beton sudah cukup, maka akan langsung dilakukan pengaspalan.
“Untuk bagian sayap jembatan juga sudah tidak ada masalah. Bahkan sebelah barat pasangan batu di sayap jembatan sudah menggunakan tulangan,” terangnya.
Ia menambahkan, pengerjaannya dilaksankan sesuai jadwal dan pelaksanaannya tidak bisa dipercepat, karena ada tahapan yang harus dikerjakan. Salah satu tahapannya adalah pematangan beton. Karena itu, pekerjaan beton dilakukan secara bertahap.
“Bahwa pengerjaan jembatan itu tidak seperti pengerjaan jalan. Karena jembatan itu dikerjakan secara hati-hati. Terutama pengerjaan beton. Jika beton sudah 28 hari umurnya baru bisa kita pengerjaan jalan. Karena beton harus kuat,” imbuhnya.
Diketahui bahwa pembangunan Jembatan SAMOTA II ini dibiayai menggunakan APBN 2019 dengan anggaran Rp 31 milyar. Sesuai kontrak, pembangunannya dilaksanakan sejak Maret 2019 dan berakhir pada Desember tahun ini. (KA-01)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini