tayang 15/07/2020

Proyek Pasar Seketeng Digenjot, Kontraktor Diminta Tambah Tenaga Kerja

Sebarkan:

Sumbawa Besar, KA
Sejauh ini progress pembangunan Pasar Seketeng Kecamatan Sumbawa sudah mencapai 30 persen. Sementara waktu pengerjaan pengerjaan menyisakan kurang dari tiga bulan. Untuk itu, pelaksana diminta menambah tenaga kerja, guna mempercepat proses pengerjaan.
Kepada wartawan, Plt. Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Sumbawa Arif Alamsyah mengatakan, beberapa waktu lalu TP4D melakukan monitoring terhadap pengerjaan pembangunan Pasar Seketeng. Diketahui progressnya sudah mencapai 30 persen. Saat ini sedang dilakukan pengecoran plat lantai II untuk blok C serta pengecoran kolom lantai I dan slop lantai I untuk blok B. Adapun waktu yang tersisa cukup singkat kurang dari 90 hari.
Untuk itu, lanjut Arif, TP4D merekomendasikan agar dalam kesempatan pertama segera menambah jumlah tenaga kerja. Pihaknya bersama TP4D juga meminta pelaksana agar tetap dilakukan pekerjaan shift malam untuk mengejar progres.
 ‘’Yang kekurangan memang tenaga, dan kita minta terus menerus. Alhamdulillah itu direspon. Minggu ini sudah dijanjikan ada 120 orang tenaga kerja yang masuk. Ini ada tenaga lokal dan dikirim dari luar daerah,’’ terangnya.
Menurutnya, kurangnya tenaga kerja menjadi satu-satunya kendala dalam pengerjaan tersebut. Dimana yang tersedia saat ini sekitar 140 pekerja, diluar tukang besi. Meski demikian, dari segi jadwal terdapat surplus 0,5 persen. Dengan penambahan tenaga kerja, kedepannya ditargetkan progresnya perminggu mencapai 8 sampai belasan persen. Karena rencana kerja sudah disusun oleh konsultan manajemen konstruksi.
‘’Sebenarnya kita juga dengan siswa waktu yang singkat ini jujur agak khawatir, tetapi kita harus optimis. Karena dengan optimisme itu kita bisa mengambil langkah-langkah seperti apa untuk mempercepat pekerjaan ini. Dan kita sudah tagih komitmennya dari pelaksana. Karena pelaksana sanggup mengerjakan ini 6 bulan, maka segala upaya dia harus selesai dalam 6 bulan dan tetap harus memperhatikan kualitas,’’ tuturnya.
Pengerjaan lain yang nantinya akan dilakukan yakni IPAL (Instalasi Pembuangan Air Limbah). Kemudian sarana pendukung lainnya diantaranya pagar dan mushollah. Pihaknya pun bersama pelaksana menargetkan pengerjaan tuntas pada 16 Desember mendatang. Dimana TP4D juga berkomitmen untuk terus melakukan pengawalan demi tuntasnya pembangunan pasar ini.
 ‘’Rencananya kita juga sudah mengusulkan untuk lanjutan tahap kedua untuk pembangunan blok A tahun  2020. Tinggal kita menunggu pembahasan dengan DPRD. Kalau asistensi dengan TAPD Pemda sudah dilakukan. Kita mohon doa dari seluruh masyarakat agar pembangunan Pasar Seketeng ini dapat tuntas di tahun 2020 dan bisa langsung operasional,’’ pungkasnya. (KA-01)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini