Lantik Pengurus PABPDSI, Ini Pesan Wabup KSB

Sebarkan:

 

Taliwang, KA.

Wakil  Bupati Sumbawa Barat, Fud Syaifuddin, ST  menghadiri pelantikan pengurus Persatuan Anggota Badan Permusyawaratan Desa Seluruh Indonesia ( PABPDSI ) Sumbawa Barat, di Aula Nova Noah Labu Balad Kecamatan Taliwang, Senin, (29/04/2024)

Wabup mengucapkan selamat kepada seluruh pengurus yang dilantik, dan berharap agar melaksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab.

Ia menyambut baik adanya PABPDSI sebagai wadah bagi anggota BPD untuk lebih aktif, produktif, konstruktif dan terarah.

Sebagai mitra pemerintah, BPD diharapkan bisa berkerjasama  untuk terus berupaya meningkatkan sumber daya manusia BPD, dan juga bersama Kepala Desa terus menggali potensi desa.

“Mari terus berkoordinasi dan bekerja sama agar fungsi BPD bisa berjalan dengan baik, terstandar dan terukur,” ajaknya.

Saat ini lanjut Wabup, pemerintah daerah  telah banyak melakukan pergeseran pola pikir, karena yang di butuhkan daerah saat ini adalah sumber daya yang dapat diperbaharui. 

Untuk penguatan kemampuan keuangan desa, BPD bersama Pemerintah Desa dapat melakukan inovasi dalam mencari sumber-sumber pendapatan desa yang baru salah satunya dengan pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

BPD tambahnya bisa mendorong Kades untuk mengembangkan BUMDes dengan baik karena  hal itu bisa menjadi salah satu penguatan fiskal bagi Desa.

" Kami selaku pemerintah daerah juga  akan terus berkoordinasi dengan pihak perusahaan yang ada untuk terus membantu masyarakat dengan program tanggung jawab sosial, dan juga membantu pemasaran bagi produk-produk lokal," cetusnya. 

Wabup sedikit  menyentil soal situasi politik menjelang Pilkada November 2024 mendatang. Ia yakin, diantara yang hadir memiliki pandangan politik yang berbeda beda. 

" Perbedaan itu hal yang lumrah. Tetapi tugas kita yang jauh lebih penting adalah bagaimana menyikapi perbedaan itu dengan riang gembira," tandasnya seraya menambahkan, 

" Para anggota BPD yang merupakan referensentasi masyarakat  harus dapat menjadi Garda terdepan membangun politik yang santun ditengah masyarakat. Ajak masyarakat untuk menyukseskan penyelenggaraan Pilkada dengan cara sehat dan bermartabat," demikian Fud. (KA.02)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini