Koperindag KSB Minta UMKM Perkuat Manajemen

Sebarkan:

Taliwang, KA.

Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag) Sumbawa Barat, H. L Azhar menyatakan, dalam mengembangkan usaha dibutuhkan perencanaan atau manajemen agar usaha yang dijalankan bisa mendatangkan hasil atau manfaat. 

" Ini harus menjadi pijakan UMKM kita agar dapat menjadi sumber penghidupan keluarga maupun memberikan manfaat bagi warga sekitar," ungkapnya. 

Ia tak membantah, ada beberapa usaha yang dibangun dengan mengambil pinjaman di bank, jika tidak dikelola dengan baik, bukan untung yang diraih, malah akan buntung. Oleh karena itu, usaha harus dikelola dengan baik, terutama manajemen usaha.

“Cara promosi dan menjual saat ini berbeda dengan zaman dahulu. Dahulu harus punya toko baru bisa jualan, kalau sekarang cukup punya hp dan kuota sudah bisa jualan secara online,”sebutnya. 

Syarat utama pemilik usaha atau UMKM saat ini adalah harus menguasai teknologi dan mempelajari selera pasar. Produk akan laku dipasaran harus memenuhi kriteria yaitu merk mudah diucapkan, unik dan mudah diingat.

Persaingan dalam bisnis terletak pada branding. Walaupun sama-sama usaha pembuatan dalam suatu produk, hasil penjualan tidak akan sama.

" Pemilik usaha harus menjaga kualitas produk, memiliki resep khusus, kekuatan merk (branding), dijamin tidak menimbulkan efek kesehatan dan lingkungan. Jika semua itu sudah terpenuhi, maka usaha akan menjadi yang terdepan," terangnya. 

Menurutnya, dengan manajemen usaha yang baik, bukan tidak mungkin akan banyak yang melirik. Apalagi pemerintah siap menjadi partner dalam memenuhi setiap kebutuhan, seperti halnya bantuan melalui program UMKM.  

“Produk lokal kita harus merajai pasar. Jika hal ini sukses, dampaknya terhadap penciptaan lapangan pekerjaan dan serapan tenaga kerja tidak kecil,” demikian L. Azhar. (KA.02/Kominfo)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini