Bupati KSB Harapkan Masyarakat Sampaikan Masukan dan Kritik di Pameran Pembangunan

Sebarkan:

 

Taliwang, KA.

Bupati Kabupaten Sumbawa Barat, DR. Ir. H W Musyafirin, MM  mengatakan pemerah pembangunan yang diikuti seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) setempat  dalam rangka hari ulang tahun (Harla) ke - 20  KSB menjadi ajang yang sangat baik bagi seluruh OPD dalam menunjukkan berbagai program pembangunan yang telah dilakukan selama setahun terakhir kepada masyarakat. 

" Memalui pameran ini, masyarakat dapat melihat dan menilai secara langsung berbagai program yang telah dilakukan OPD masing masing.  Dan ini tentunya  memberikan manfaat positif bagi OPD itu sendiri maupun masyarakat," kata Bupati disela-sela meninjau  pameran yang berlangsung di Komplek Kemutar Telu Center (KTC), Minggu (12/11/2023) malam.

Menurutnya, pameran pembangunan ini juga bisa menjadi penyambung aspirasi masyarakat kepada pemerintah, baik menyampaikan saran maupun kritik terhadap kebijakan atau program yang dilaksanakan pemerintah.

‘’Kalau memang ada hak masyarakat yang belum disalurkan atau dirasakan, bisa disampaikan langsung selama pameran berlangsung,’’ imbuhnya. 

Selama kurun waktu setahun terakhir berbagai program pembangunan sudah berhasil dilaksanakan Pemerintah. Bupati secara terbuka meminta kepada masyarakat untuk melihat langsung berbagai kegiatan yang sudah dicapai selama setahun terakhir.

‘’Masyarakat bisa mengunjungi semua stan yang dibuka pemerintah. Disitu ada banyak program yang sudah kita laksanakan,’’ harapnya.

Bupati menegaskan, tugas pemerintah bagaimana memberikan pelayanan terbaik kepada rakyat. Pemerintah berkewajiban memenuhi kebutuhan dasar masyarakat termasuk menuntaskan berbagai persoalan mendasar yang dihadapi masyarakat.

‘’Tugas pemerintah itu bagaimana menuntaskan kemiskinan ekstrim, stunting dan mengendalikan inflasi,’’ urainya.

Ditegaskan orang no 1 di KSB ini, pameran  pembangunan tahun 2023 adalah gambaran sederhana dari berbagai upaya yang sudah dilakukan maupun telah dicapai pemerintah. Diakuinya, tugas pembangunan yang sangat penting saat ini bagaimana menurunkan angka kemiskinan ekstrim, stunting dan menjaga inflasi.

‘’KSB berhasil mendapat penghargaan dari Menteri Dalam Negeri dan Menteri Keuangan Republik Indonesia sebagai daerah yang berhasil menjaga inflasi. Kita juga diberikan dana insentif senilai Rp9,6 miliar,’’ paparnya.

Soal kemiskinan ekstrim, Bupati mengaku saat ini pemerintah sudah menyiapkan program dan anggaran cukup besar untuk menurunkan kemiskinan ekstrim tersebut.

‘’Anggaran ini kita alokasikan untuk perlindungan sosial kepada seluruh masyarakat yang menyandang miskin ekstrim. Untuk stunting, kita yang terbaik di NTB,’’ pungkasnya. (KA.02/Kominfo)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini