Wabup KSB Minta Warga Tidak Buang Sampah di Bantaran Sungai

Sebarkan:

Taliwang, KA.

Wakil Bupati Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Fud Syaifuddin, ST, mengajak seluruh masyarakat dan aparatur untuk menjaga kebersihan lingkungan. Salah satu caranya dengan tidak membuang sampah di sembarangan tempat, terutama pada bantaran sungai.

" Kita semua memiliki tanggung jawab yang sama terhadap kebersihan lingkungan, baik disekitar tempat tinggal masing-masing maupun lingkungan secara menyeluruh, termasuk membersihkan hati dari berbagai aktifitas,” ucapnya disela sela giat gotong royong membersih sampah di bantaran sungai Taliwang, belum lama ini. 

Kata dia,  lingkungan yang bersih akan menunjang terwujudnya hidup sehat dan juga membuat hidup menjadi aman, nyaman, dan tetram.

" Ketika kita memperhatikan dan mengolah kawasan kumuh yang berada disuatu daerah, kita akan merasa tidak nyaman untuk memperhatikannya. Bukan hanya itu, mendekat saja kita merasa enggan, karena bau yang ditimbulkan,” urainya.

Memastikan lingkungan bersih juga akan menghindari dari ancaman banjir, karena salah satu penyebab banjir adalah akibat aktifitas membuang sampah tidak pada tempatnya, sehingga ketika terjadi hujan, sampah tersebut menutupi lubang selokan, yang mengakibatkan air tidak dapat mengalir dengan sempurna.

Manfaat lain dengan lingkungan bersih akan terhindar dari penyakit menular, menjadikan lingkungan lebih rapi dan nyaman untuk di tempati, meningkatkan kesehatan jasmani dan rohani. 

“Cukup banyak manfaat yang bisa dirasakan langsung saat lingkungan kita bersih, jadi mari kita bersama menjaga lingkungan,” ajaknya.

Catatan penting yang disampaikan orang nomor dua di Bumi Pariri Lema Bariri itu, peringatan hari lingkungan hidup ini bukan hanya sebatas ritual, tetapi harus menjadi bahan evaluasi diri kita masing-masing, termasuk dalam meningkatkan mental bersih dan disiplin dalam diri.

Media mencatat,  aksi bersih-bersih sungai yang dilakukan secara gotong royong tersebut, termasuk dalam upaya membangun kesadaran masyarakat yang tinggal di bantaran sungai, yang sering kali masih membuang sampah sembarangan terutama di area aliran sungai.

Dikesempatan tersebut Wabup mengajak seluruh aparatur lingkup pemerintah untuk ambil bagian memungut sampah jenis apapun yang berada di sepanjang sempadan sungai.

“Kita bersihkan secara bersama-sama bantaran sungai ini dan semoga menjadi pengingat masyarakat untuk tidak lagi dijadikan sebagai tempat pembungan sampah,” pungkasnya. (KA.02/Kominfo)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini