Wabup KSB Kembali Tegaskan Soal Penurunan Stunting

Sebarkan:

Taliwang, KA.

Wakil Bupati Kabupaten Sumbawa Barat, Fud Syaifuddin,ST  menegaskan komitmen Pemerintah dalam percepatan penurunan stunting. Ia mengatakan, salah satu kunci mencegah terjadinya stunting adalah memberi anak asupan nutrisi yang baik, tepat dan sehat.  

"Dengan asupan nutrisi yang baik, tumbuh kembang anak akan terjaga, sekaligus mencegah berbagai macam penyakit, dan memperkuat sistem imun anak," kata Wabup. 

Asupan nutrisi yang baik bisa dimulai dari pemberian ASI eksklusif sejak kelahiran hingga anak berusia enam bulan, lalu dilanjutkan dengan makanan pendamping ASI (MPASI) berbasis protein hewani seperti telur, ikan dan susu yang kaya akan protein.

"Kita juga harus mendukung dan mengedukasi orang tua agar selalu mendapatkan informasi akurat mengenai asupan nutrisi yang tepat untuk anak, termasuk dalam mencegah stunting," imbuhnya. 

Persoalan stunting adalah tanggung jawab bersama. Meski di tahun 2023 ini  penurunannya  sangat signifikan yakni pada angka 7,83 persen, Wabup menegaskan  konvergensi stunting harus berjalan dengan baik dengan berkolaborasi antara seluruh elemen.  

" Karenanya  saya sangat mengharapkan agar semua pihak bahu-membahu dalam menangani stunting ini. Presentase yang kita raih hari ini masih terus ditingkatkan," sebutnya. 

Dalam penanganan stunting, aspek penting yang harus diperhatikan adalah pelayanan dasar seperti sektor pendidikan dan kesehatan, karena stunting terkait dengan kualitas sumber daya manusia dan aspek ekonomi yang perlu ditingkatka

" Mengingat salah satu faktor penyebab stunting adalah  kasus kekurangan gizi. Maka  peran orang tua dalam memberi asupan gizi kepada anak sangat penting. Dengan demikian maka edukasi oleh Pemerintah melalui instansi terkait, baik Dinas Kesehatan, Bappeda DPMD dan Camat harus terus dilakukan," tandas Wabup. (KA.02/Kominfo)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini