Unram Raih Penghargaan Internasional dari National Institute of Genetics Japan

Sebarkan:

Mataram, KA.

Universitas Mataram (Unram) berkolaborasi dengan National Institute of Genetics (NIG) dan Tokyo University of Marine Science and Techonology (TUMSAT) mengadakan kuliah umum yang disponsori oleh NIG pada 10 Oktober 2023 lalu. Kuliah umum ini dibuka oleh Director of Innovation Department NIG, yakni Prof. Mutsuaki Suzuki.

Dr. Eka S. Prasedya dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Unram diundang ke TUMSAT untuk menyampaikan hasil riset Pusat Unggulan Biosains dan Bioteknologi (PUBB) sebagai langkah awal kolaborasi riset antara Unram dan TUMSAT dengan topik Sustainable Utilization of Tropic Marine Algae.

Kuliah umum ini turut dihadiri oleh beberapa ahli di bidang biosains dan bioteknologi kelautan seperti Prof. Mitsunobu Kamiya dan Prof. Takeshi Terahara. Selain itu, terdapat peserta lainnya dari mahasiswa program Master dan Doktoral di TUMSAT.

Tak cukup sampai di situ, Unram juga mendapatkan penghargaan dari NIG Japan atas riset genetic biodiversity dan penemuan spesies baru rumput laut di perairan Indonesia. Yang mana penyerahan penghargaan itu diberikan oleh Direktur NIG, Prof. Emeritus Fumio Hanaoka kepada Dr. Eka S. Prasedya (FMIPA Unram) pada tanggal 11 Oktober 2023.

Selain itu, Unram diminta menyampaikan hasil riset tersebut di forum konferensi partnering akademisi dan industri terbesar di Asia, yaitu Biojapan 2023 di Yokohama (https://jcd-expo.jp/en/)

Dalam presentasinya, Dr. Eka menyampaikan potensi besar genetic diversity rumput laut di Indonesia. Namun, terdapat limitasi pada teknologi sehingga hilirisasi menjadi tidak efektif.

“Harapannya melalui kegiatan ini Unram bisa mendapatkan mitra industri luar negeri yang dapat memacu industrialisasi rumput laut Lombok melalui pendekatan biosains dan bioteknologi,” ungkap Dr. Eka.(KA-03)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini