KSB Kini Miliki Aplikasi SRIKANDI

Sebarkan:

Taliwang, KA.

Bupati Kabupaten Sumbawa Barat, DR Ir H W Musyafirin MM didampingi Deputi Bidang Pembinaan Kearsipan Nasional, Dwinda Meigita Norca Gatmani ST, MAP dan Dra, Satriani, secara resmi melakukan Launching Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (SRIKANDI). Rabu, kemarin.  

Launcing Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik Menuju Good Governance KSB Tahun 2023 ini, dilaksanakan di Aula Hanipati Resto – Taliwang, Sumbawa Barat.

Dalam kesempatan itu, Bupati Sumbawa Barat mengaku, dengan adanya aplikasi SRIKANDI pelaksanaan pelayanan pemda kepada masyarakat akan semakin dimudahkan. Untuk itu Ia berharap agar aplikasi ini bisa dimanfaatkan sebaik mungkin karena penggunaan aplikasi SRIKANDI diinstansi pemerintah sebagai bentuk peningkatan kualitas dalam bidang kearsipan.

“Dengan aplikasi ini, system pemerintahan berbasis elektronik akan lebih optimal dalam melindungi kepentingan data-data,” kata Bupati.

Dalam kesempatan itu pula, Bupati didampingi Deputi Bidang Pembinaan Kearsipan Nasional, melakukan launching peluncuran aplikasi SRIKANDI yang ditandai dengan bunyian Serune, salah alat music tradisional Samawa. Adapun tujuan dari penerapan aplikasi SRIKANDI yakni meningkatkan kualitas pengelolaan arsip guna mewujudkan good governance. Manfaat dari SRIKANDI mendukung pengelolaan arsip dan tata Kelola Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) menuju Good Governance KSB Tahun 2023.

Sementara itu Deputi Bidang Pembinaan Kearsipan Nasional, Dwinda Meigita Norca Gatmani ST, MAP, menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan Launching Aplikasi SRIKANDI. Hal itu sesuai dengan apa yang diamanatkan oleh Presiden RI, Ir H Joko Widodo menyerukan untuk meninggalkan cara-cara lama dalam mengelola arsip karena tidak efisien, akses yang lamban dan penyimpanan yang tersebar.

“Jadi, gunakan lah cara-cara baru untuk beradaptasi dengan Tekhnologi Informatika (TIK),” ujarnya.

“Semoga dengan telah di launchingnya aplikasi SRIKANDI ini benar benar di implementasikan oleh pemda, memungkinkan dalam waktu mendatang masing-masing OPD tidak lagi menggunakan tanda tangan konvensional,” tandas Dwinda.

Kepala Dinas Arsip & Perpustakaan (Arpus) Kabupaten Sumbawa Barat, Ir Abdul Muis MM menyampaikan, sebelum dilaksanakan launching Aplikasi SRIKANDI telah diawali dengan melaksanakan Bimbingan Tekhnis kemampuan dari utusan masing-masing OPD.

“Selain itu, ketersediaan SDM yang sebelumnya dirasakan kurang, saat ini telah tertangani dengan adanya perekrutan PPPK untuk tenaga Arsip,” jelasnya. (KA.02/Kominfo)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini