DKP Sumbawa Optimis Pengadaan 5 Unit Kapal Perikanan 2023 Tuntas Sebelum Kontrak

Sebarkan:

Sumbawa Besar, KA 

Pemerintah Pusat melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia telah mengalokasikan dan menggelontorkan bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2023 senilai Rp 3,9 Miliar untuk menunjang program perikanan tangkap di Kabupaten Sumbawa.

Salah satu paket proyek diantaranya adalah pengadaan langsung berupa 3 unit kapal perikanan kurang dari 3 Gross Tonase (GT) dengan nilai Rp 194 786.618. (sekitar Rp 194 Juta lebih) pekan lalu Juni 2023 telah didistribusikan dan diserahkan kepada kelompok nelayan penerima manfaat,.

"Sementara untuk pengadaan 5 unit kapal perikanan dibawah 5 GT kini dalam proses pelaksanaan pengadaannya oleh rekanan kontraktor pemenang tender,” ungkap Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sumbawa melalui Kabid Perikanan Tangkap H.Burhanuddin S.Pi, Kamis (19/10/2023).

Menurutnya, sesuai kontrak kerja, untuk pengadaan 5 unit kapal perikanan dibawah 5 GT dibiayai lewat DAK tahun 2023 senilai Rp 1.158.146.250 (sekitar Rp 1,1 miliar lebih) dipercayakan penanganannya kepada kontraktor pemenang tender CV Dinda Lestari Sumbawa, dengan pelaksanaan pekerjaan terhitung bulan Juni hingga 26 Nopember 2023 mendatang.

" 5 unit kapal itu nanti akan diperuntukkan untuk menunjang kegiatan usaha sejumlah kelompok nelayan di daerah ini," terangnya..

Dari hasil monitoring dan evaluasi yang dilakukan terang Haji Bur akrab disapa, kontraktor pelaksana telah menuntaskan pejerjaab fisik dari kapal tersebut dengan progres sekitar 75.

Dimana saat ini tinggal menunggu kedatangan mesin kapal yang dipesan sehingga jika mestinya sudah tiba akan segera dilakukan pemasangan, sebab kapalnya sendiri yang dilengkapi assesoris sudah selesai dan siap.

“Dengan hasil progres yang dihasilkan hingga Oktober ini, maka kami sangat optimis pengadaan lima unit kapal perikanan dibawah 5 GT akan dapat dituntaskan sebelum masa kontrak berakhir, ” pungkas Haji Bur.(KA-01)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini