Dikbud KSB Latih Ratusan Calon Kepala Perpustakaan

Sebarkan:

Taliwang, KA.

Ratusan Calon Kepala Perpustakaan jenjang Sekolah Dasar (SD) sampai Sekolah Menengah Pertama (SMP) belum lama ini telah mendapat pendidikan dan pelatihan tenaga perpustakaan. 

Pelatihan itu bertujuan untuk meningkatkan kompetensi tenaga pendidik maupun kependidikan.

‘’ Kita melaksanakan pelatihan itu karena harus diakui, kita masih kurang tenaga ini. Termasuk Kepala Perpustakaan yang memiliki sertifikat kompetensi. Perlahan kita mulai lakukan perbaikan. Salah satunya melalui pelatihan tenaga perpustakaan untuk jenjang Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama,’’ jelas Kepala Dikbud Sumbawa Barat, Khusnarti. 

Kepala Perpustakaan saat ini dituntut memiliki kemampuan literasi dan numerasi. Karena masih sangat minim, diharapkan pelatihan tersebut mampu memberikan solusi.

‘’Pengelola perpustakaan membutuhkan tenaga berkompeten. Tujuannya agar mampu meningkatkan literasi,’’ harapnya.

Nantinya, Kepala Perpustakaan harus mampu menciptakan suasana baru. Bagaimana anak-anak menjadi senang datang ke perpustakaan.

‘’Intinya, mampu menciptakan suasana atau konsep yang tidak membosankan,’’ harapnya lagi.

Dari pelatihan itu diharapkan akan melahirkan Kepala Perpustakaan yang mumpuni dan berkompeten. Sebab, kegiatan pelatihan tersebut akan bermuara pada tersertifikasinya para kepala perpustakaan.

‘’ Bukan saja memiliki kualifikasi, tapi bagaimana mereka memimpin dan mengelola sebuah perpustakaan,’’ pungkasnya. (KA.02)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini