Bupati KSB Ajak Masyarakat Teladani Nabi Muhammad

Sebarkan:

Taliwang, KA.

Perkembangan dunia saat ini di berbagai bidang, diyakini bisa mampu merubah sikap dan perilaku masyarakat. Meski demikian, sebagai umat Islam diharapkan tidak terbawa arus perubahan yang negatif, dengan meninggalkan sikap perilaku yang tidak sesuai dengan tuntunan agama. Bagaimana agar tetap mampu mengikuti perkembangan jaman dengan tidak meninggalkan nilai nilai ajaran Islam.

” Karenanya mari kita terus meneladani sifat sifat nabi Muhammad dalam kehidupan sehari hari,” ujar Bupati Kabupaten Sumbawa Barat, Dr. Ir. H W Musyafirin, MM, saat memberikan sambutan dalam acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW  yang dilaksanakan oleh Pengurus NWDI Kabupaten Sumbawa Barat dirangkaikan dengan peletakan baru pertama pembangunan gedung Sekolah Yayasan Barakatunnawadi, NWDI Kabupaten Sumbawa Barat, di Desa Menemeng, Kecamatan Brang Ene.

Sifat sifat nabi Muhammad sangat relevan dalam kehidupan sehari hari. Dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Peringatan Maulud Nabi diharapkan tidak hanya seremonial saja. Tetapi juga memberi makna positif dan semangat kepada semua umat Islam, lanjutnya.

Ada makna terbesar yang patut dijadikan dasar kehidupan sehari-hari pada peristiwa kelahiran Nabi Muhammad SAW, yakni untuk mengevaluasi sejauh mana kita yang mengaku sebagai umatnya,  harus mampu mencontohi keteladanan atau Uswatun Hasanah yang melekat pada diri Rosulullah. Baik dalam aspek ibadah ritual maupun aspek ibadah sosial," sebut Bupati. 

Tantangan terbesar bangsa-bangsa di dunia termasuk Indonesia saat ini, adalah ahlaq yang semakin terdegradasi oleh pola hidup sekuler yang hedonis dan individualistis. Apalagi dengan semakin pesatnya kemajuan teknologi informasi, toleransi antar sesama pun semakin tergerus. 

" Terlalu gampang kita berprasangka buruk hingga mengarah kepada perpecahan dan benih-benih kebencian di dalam masyarakat. Kita sebaiknya harus banyak introspeksi, toleransi, dan menghargai orang lain. Kalau kita tidak menghargai maka kita tidak akan  dihargai. Kalau kita berbuat baik kepada orang lain, maka orang lain pun akan berbuat baik kepada kita," demikian Bupati. (KA.02/Kominfo)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini