Unram dan PT Sumbawa Timur Mining Teken MoU, Kolaborasi Pendidikan dan Pertambangan Berkelanjutan

Sebarkan:

Mataram, KA.

Universitas Mataram (Unram) sepakat menandatangani nota kesepahaman dengan PT Sumbawa Timur Mining (STM) pada hari Jumat, 11 Agustus 2023 di Ruang Sidang Rektor, Rektorat Unram.

Nota kesepahaman atau MoU (Memorandum of Understanding) itu ditandatangani oleh Rektor Unram, Prof. Ir. Bambang Hari Kusumo, M.Agr.St., Ph.D. dan Presiden Direktur PT STM, Bede Beresford Evans.

Rektor Unram menyambut baik kerja sama yang ditawarkan, karena PT STM sebelumnya sudah pernah memberikan lebih dari 40 beasiswa dan Unram berkesempatan mengirimkan mahasiswanya untuk magang ke PT STM.

“Kami sangat senang dengan kunjungan dari PT STM ini. Dan setelah penandatanganan MoU, kita dapat mendiskusikan terkait kolaborasi-kolaborasi dengan para ahli dari Unram,” jelas Prof. Bambang.

Sementara itu, Presiden Direktur PT STM Bede Beresford Evans menjelaskan jika perusahaannya bergerak di bidang pertambangan dan sedang dalam tahapan eksplorasi. 

Untuk itu Evans berkomitmen untuk selalu mewujudkan dan menerapkan pelaksanaan sistem manajemen PT STM dengan baik, salah satunya dengan mempertimbangkan rekomendasi-rekomendasi dari perguruan tinggi seperti Unram. Terlebih Unram memiliki keahlian di berbagai bidang seperti ilmu tanah, kehutanan, ilmu kelautan, teknik sipil, artsitektur, ilmu lingkungan, dan lain-lain.

“Kami berkomitmen untuk menjalankan operasi penambangan yang aman, andal, dan memanfaatkan energi hijau, serta menerapkan praktik terbaik dalam apa yang kami lakukan. Tapi tentu saja, dengan Visi itu kita tidak bisa melakukannya sendiri. Oleh karenanya, kami mengharapkan kerja sama dari Unram,” ujar Evans.

Disampaikan Evans dengan kolaborasi Unram dan PT STM, tidak hanya kedua lembaga yang akan sama-sama mendapatkan keuntungan yang bermanfaat. Namun, para pelajar muda juga akan mendapatkan keuntungannya.

“Tahun ini kami telah memberikan kontribusi yang cukup besar. Kami menyadari bahwa pendidikan itu penting dan yang menjadi bagian program komunitas kami adalah pendidikan. Kami memberikan pelatihan pendidikan untuk para guru di sekolah dasar dan menengah. Kami memberikan beasiswa bagi siswa untuk pergi ke universitas atau pelatihan kejuruan,” paparnya.

Adanya kerja sama ini diharapkan PT STM untuk dapat membangun dan memberikan manfaat jangka panjang yang berkelanjutan bagi anak-anak.

“Semua orang tahu betapa pentingnya pendidikan. Dan semua orang di sini menurut saya mendapat manfaat dari pendidikan di universitas. Sehingga kami juga ingin mendukung pengembangan pendidikan bagi anak-anak, serta mendukung keluarga mereka,” tambahnya,

Ia berharap MoU ini menjadi pintu yang dapat membuka diskusi serta peluang-peluang kerja sama bagi kedua lembaga dan bagi masyarakat.(KA-04)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini