Perindagkop KSB Dorong UMKM Manfaatkan Teknologi

Sebarkan:

Taliwang, KA.

Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM (Perindagkop UMKM) Sumbawa Barat  menyebut perlunya dilakukan pendampingan secara berkelanjutan untuk kemajuan usaha mikro, kecil, dan menengah.  Banyak event event yang dilaksanakan sebagai ajang mempromosikan produk UMKM. Termasuk memanfaatkan kemajuan teknologi saat ini. 

" Ya, dengan pendampingan yang berkelanjutan, UMKM akan dapat bangkit seiring dengan kemajuan teknologi. Setiap produk UMKM dapat dipromosikan melalui teknologi yang kini berkembang pesat," ungkap L.Azhar, kemarin. 

Menurutnya, pendekatan untuk menaikkan kelas atau meningkatkan pendapatan UMKM tidak bisa dengan mengembangkan per entitas bisnis pelaku usaha, tetapi dengan pendekatan kemitraan.Dengan demikian, dapat tercapai peningkatan kelas yang selanjutnya mampu memberikan nilai tambah untuk UMKM di daerah. 

"Untuk memenuhi hal tersebut, pelaku usaha UMKM perlu didorong melalui kegiatan pendampingan atau workshop, seperti banyaknya kegiatan yang dilaksanakan  saat ini, " katanya. 

Dengan memanfaatkan platform teknologi digital, UMKM lanjut Azhar dapat memperluas jangkauan pasar, meningkatkan efisiensi operasional, dan meningkatkan daya saing.

Selanjutnya, penting bagi UMKM untuk melakukan inovasi. Apalagi di era ekonomi digital saat ini, tidak cukup hanya menjual produk atau layanan yang sama selama bertahun-tahun.

" UMKM perlu terus berinovasi, misalnya dalam hal produk, proses produksi, pemasaran, dan strategi bisnis agar tetap relevan dan menarik bagi konsumen," pungkasnya. (KA.02/**)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini