Tim Internasionalisasi dan Bilingualisasi Unram Susun Kurikulum Kelas Internasional

Sebarkan:

Mataram, KA.

Tim Internasionalisasi dan Bilingualisasi Universitas Mataram (TIBUM) menyelenggarakan kegiatan Penyusunan Kurikulum Kelas Internasional Universitas Mataram (Unram) selama tiga hari mulai Rabu, 26 Juli 2023 – Jumat, 28 Juli 2023 di Hotel Santika.

Kegiatan tersebut mendiskusikan gambaran umum kelas internasional, kurikulum, dan strategi persiapan pelaksanaan kelas internasional yang dipaparkan oleh Tim IUP Fakultas Hukum dan Fakultas Peternakan Universitas Gadjah Mada (UGM). Selanjutnya dibahas pula terkait pengembangan dan pengelolaan websiter INDEEP Unram untuk mendukung kesiapan kelas internasional oleh Tim Website KUI UGM.

Wakil Rektor Bidang Akademik Unram, Prof. Dr. Sitti Hilyana saat membuka kegiatan tersebut menyampaikan jika tim dari Kantor Urusan Internasional (KUI), TIBUM, dan tim lainnya yang berkaitan harus terus berkolaborasi dan tidak jalan sendiri-sendiri.

“Hanya itu rumusnya untuk bisa berjalan dalam mencapai cita-cita nanti ketika kita ingin menginternasionalisasikan Unram,” tuturnya.

Wakil Rektor I Unram itu juga menjelaskan jika internasionalisasi Unram di dalamnya terdapat salah satu program yakni kelas internasional.

“Kelas internasional ini adalah program prioritas Unram, jadi harus betul-betul kita seriusi. Kita perlu mengetahui berapa prodi yang sudah cukup siap, setengah siap, dan belum siap. Ini harus diklasterisasi,” ungkap Prof. Dr. Sitti Hilyana.

Prof. Dr. Sitti Hilyana menyebutkan jika melalui klasterisasi, maka kekuatan dan kelemahan yang dimiliki bisa diketahui. Sehingga universitas juga bisa mengisi kekosongan-kekosongan untuk kelemahan-kelemahan tersebut.

“Harapannya dalam waktu dekat kita bisa segera mengimplementasikan apa yang menjadi output dari kegiatan kita selama tiga hari ke depan. Bagaimana kita menyusun perangkat-perangkat mulai dari kurikulum yang harus dibangun, standar-standar internasional, lalu kapasitas infrastruktur. Ini yang harus kita kuatkan,” tandasnya.(KA-04)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini