Perkuat Sinergi, Unram dan Pemkab Sumbawa Teken MoU

Sebarkan:

Mataram, KA 

Rektor Universitas Mataram (Unram) menerima kedatangan Bupati Sumbawa dalam rangka kunjungan dan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU)  Rabu (26/7) di Ruang Sidang Rektorat, Lantai II Gedung Rektorat Unram.

Dalam kesempatan tersebut Prof. Ir. Bambang Hari Kusumo, M.Agr.St., Ph.D., menyampaikan beberapa peluang kerja sama yang bisa dilakukan oleh Unram bersama Pemerintah Kabupaten Sumbawa.

“Pertama, peluang kerjasama yang bisa kita lakukan mungkin bisa seperti model kerjasama dengan pemerintah kabupaten Lombok Tengah yakni Rektor dan Bupati membuat MoU yang salah satu isinya yakni mengirim 5 calon mahasiswa kedokteran yang akan dibiayai dengan himpunan dana kependidikan yang mereka miliki,” ucapnya.

Dijelaskan, mahasiswa yang telah menyelesaikan masa studinya akan kembali ke daerah masing- masing sehingga kekurangan dokter di daerah bisa diatasi dengan skema tersebut.

“Kedua, kita akan membuat pompa air sumur dalam yang sumber listriknya tenaga surya. Jika teknologi tersebut terbukti, kita akan kembangkan Sumbawa,” lanjutnya.

Guru Besar Fakultas Pertanian itu juga menjelaskan terkait ide yang sudah dilakukan Unram dalam menghasilkan Udang Vaname menggunakan tambak terpal.

“Ada juga Lamtoro Beef. Kita punya pohon Lamtoro dengan kandungan protein 25% dan bisa digunakan untuk pakan ternak,” jelasnya.

Lebih lanjut ia menyarankan agar bukit-bukit gundul yang ada di Sumbawa bisa dijadikan lahan untuk menanam Lamtoro. Sehingga nantinya Sumbawa bisa menjadi suplier daging premium.

“Tidak ada kata terlambat jika kita memiliki program. Yang penting adalah implementasi,” tangkasnya.

Sementara itu, Bupati Sumbawa Drs. H. Mahmud Abdullah menyampaikan apresiasi dan terimakasih atas penerimaan Rektor Unram beserta jajarannya.

Bupati Sumbawa berharap dengan adanya kerja sama dengan Unram menjadikan wilayah Sumbawa semakin produktif.

“Wilayah Sumbawa ini sangat luas hampir 3/4 wilayah NTB tapi penduduknya sedikit, tanahnya luas namun kekurangan air tanah. Sehingga kami berharap banyak atas kerja sama ini,” ujarnya.

Lebih lanjut Bupati Sumbawa mengatakan apapun program yang dilakukan akan dilandasi dengan survei sehingga akan membawa dampak besar bagi masyarakat.(KA-04)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini