Hingga Akhir Juni 2023, 701.023 Ton Jagung Sumbawa Pasok Kebutuhan Dalam Negeri

Sebarkan:

Sumbawa Besar, KA.

Meskipun tidak seramai dalam tiga bulan terakhir. Masih ada beberapa kapal yang mengangkut jagung di Pelabuhan Badas, Sumbawa. Biji jagung yang dimuat merupakan stok dari gudang penyimpanan. Sementara puncak panen raya jagung di Pulau Sumbawa terjadi pada Maret hingga Mei lalu.

Tahun ini,  jagung asal Sumbawa tetap memenuhi kebutuhan industri pakan nasional. Berdasarkan data IQFAST (Indonesia Quarantine Full Automation System), pada tahun 2022 Karantina Pertanian Sumbawa mencatat sebanyak  909.808 ton biji jagung dilalulintaskan di dalam negeri dan 45.250 ton diekpsor ke Filipina dan Vietnam. Hingga akhir Juni 2023 tercatat 701.023 ton biji jagung telah memenuhi kebutuhan dalam negeri dan 13.200 ton diekspor ke Filipina. 

Pejabat Karantina Pertanian Sumbawa memeriksa kesesuaian fisik dan dokumen biji jagung yang akan dikirim ke Padang menggunakan KM Felya. Pengapalan 6.000 ton biji jagung direncakan akan selesai dalam tiga hari kedepan. 

Pemeriksaan fisik dan kesesuaian dokumen merupakan rangkaian standar operasional prosedur (SOP) pada setiap media pembawa. Untuk mencegah masuk dan keluarnya organisme pengganggu tumbuhan karantina (OPTK).(KA-04)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini