1.158 Mahasiswa Baru Unram Jalur SNBP Ikuti PKKMB

Sebarkan:

Mataram, KA.

1.158 mahasiswa baru Universitas Mataram (Unram) mengikuti Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) di Auditorium M. Yusuf Abubakar selama tiga hari mulai Senin, 12 Juni 2023 hingga Rabu, 14 Juni 2023.

Sejumlah 1.158 mahasiswa baru yang lolos jalur SNBP terdiri dari 191 orang dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), 60 orang dari Fakultas Peternakan, 142 orang dari Fakultas Pertanian, 83 orang dari Fakultas Hukum, 57 orang dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA).

Selanjutnya, 136 orang dari Fakultas Teknik, 49 orang dari Fakultas Teknologi Pangan dan Agroindustri, 301 orang dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), 56 orang dari Fakultas Kedokteran, 28 orang dari Prodi Ilmu Komunikasi, 29 orang dari Prodi Hubungan Internasional, dan 26 orang dari Prodi Sosiologi.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni (WR 3), Dr. Sujita, S.T., M.T. dalam laporannya menuturkan bahwa PKKMB tahun 2023 merupakan wahana bagi pimpinan perguruan tinggi untuk memperkenalkan dan mempersiapkan mahasiswa baru dalam proses transisi agar menjadi mahasiswa yang dewasa dan mandiri, serta mempercepat proses adaptasi mahasiswa dengan lingkungan kampus.


“Diharapkan agar kalian mahasiswa baru dapat memahami dan mengenal lingkungan baru terutama organisasi, sistem kependidikan, dan pembelajaran yang ada di perguruan tinggi,” jelas WR 3 Unram.


Selain itu, Sujita menambahkan tujuan dilaksanakannya PKKMB 2023 ini untuk meningkatkan kesadaran berbangsa, bernegara, dan cinta tanah air. Lalu mahasiswa memahami pentingnya pendidikan yang akan ditempuh, serta pendidikan karakter dan pengembangan kompetensi sehingga berguna bagi pembangunan bangsa.

“Kita juga mengharapkan terciptanya persahabatan kekeluargaan antara mahasiswa dengan dosen, sesama mahasiwa, serta tenaga kependidikan,” ucapnya.

Prof. Ir. Bambang Hari Kusumo, M.Agr.St., Ph.D. selaku Rektor Unram turut menyambut mahasiswa baru jalur SNBP. “Selamat karena kalian sudah berhasil masuk ke perguruan tinggi terbaik se-Nusa tenggara Barat. Kalian patut berbangga karena tidak semua mahasiswa bisa masuk lewat jalur prestasi,” ungkap Rektor ke-10 Unram ini.

Guru Besar Fakultas Pertanian Unram itu menerangkan jika akan dilakukan pemetaan minat dan bakat bagi seluruh mahasiswa baru. Hal ini diperuntukkan agar universitas dapat mengetahui talenta yang dimiliki mahasiswa dan menyalurkan dukungan sesuai bidang talenta masing-masing mahasiswa.

“Unram punya banyak UKM (Unit Kegiatan Mahasiwa) silakan kalian pilih mau gabung di UKM apa yang sesuai talenta kalian. Asahlah talenta kalian tidak hanya di bidang akademik tapi juga non akademik,” tandasnya.

Prof. Bambang berharap mahasiswa baru tersebut dapat menjadi generasi penerus bangsa yang mampu mewujudkan Indonesia Emas pada tahun 2045.(KA-04)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini