Tujuh Desa di Sumbawa Dapat DAK Sanitasi 2023 Senilai Rp 4,3 Miliar

Sebarkan:

Sumbawa Besar, KA.

Selain mendapatkan 16 paket proyek air bersih, dalam tahun 2023 ini Kabupaten Sumbawa juga mendapatkan paket DAK Sanitasi senilai Rp 4,3 Miliar yang diperuntukan bagi 7 Desa 

"Dimana program ini  pelaksanaannya menggunakan sistem Kerjasama Dengan Kelompok Masyarakat (KSM) setempat,"  ungkap Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Sumbawa melalui Kabid Air Minum dan Sanitasi (AmSan) Much Sofyan ST, kepada awak media diruang kerjanya Selasa (30/05).

Dijelaskan, total bantuan DAK Sanitasi 2023 yang dikucurkan Pemerintah Pusat melalui Kementerian PUPR tersebut, terang Lhargo sapaan akrabnya, mencapai sekitar Rp 14,2 Miliar, meliputi paket DAK Sanitasi 7 Desa menyerap anggaran Rp 4,3 Miliar (sistem KSM) dan untuk IPLT Raberas Rp 9,9 Miliar (sistem tender),.

"Untuk kegiatan 7 Desa telah berjalan sejak Mei ini, dengan pencairan uang muka 25% telah diterima KSM masing-masing Desa," terangnya.

Adapun ketujuh Desa yang mendapatkan paket DAK Sanitasi tersebut, sambung Lhargo,  terdiri dari Desa Labuhan Sumbawa dan Desa Karang Dima Kecamatan Labuhan Badas untuk pembangunan tangki septik skala individual pedesaan, Desa Lopok, Rhee, Luk dan Tatede masing untuk pembangunan TPS-3R.

"Kami optimis seluruh kegiatan akan dapat dituntaskan dan diselesaikan dengan baik sesuai dengan program perencanaan paling  tidak bulan Oktober 2023 mendatang,” pungkasnya.(KA-01)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini