Dinas PUPR Optimis Pembangunan Jalan dan Jembatan di Sumbawa Dimulai Juni

Sebarkan:

Sumbawa Besar, KA.

Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) menggelontorkan Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2023 sebesar p 39,6 Miliar untuk menunjang  pembangunan dan pembenahan sejumlah ruas jalan dan jembatan di Kabupaten Sumbawa NTB.

"Rencana action pembangunan fisiknya sudah bisa dimulai pada pertengahan Juni mendatang, " ungkap Kadis PUPR Sumbawa melalui Kabid Bina Marga yang juga Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Iyang Syahruddin ST kepada awak media.

Ia menjelaskan, tahun 2023 ini  sesuai alokasi anggaran yang tersedia dari Pusat melalui DAK Penugasan itu ada lima paket ruas jalan yang akan dibangun dan dibenahi meliputi peningkatan/rekonstruksi jalan Olat Rawa – Tanjung Bele dengan volume 5,984 Km dengan nilai anggaran mencapai Rp 15 Miliar lebih, jalan SJP – Perung sepanjang 1,63 Km menyerap biaya Rp 4,8 Miliar lebih, Jalan Propok – Batu Soan 2,125 Km dengan anggaran sekitar Rp 6,3 Miliar lebih, Jalan Tengkal Karya – Pulau Bungin 0,696 Km menyerap biaya sebesar Rp 1,7 Miliar lebih dan pemeliharaan berkala jalan Pungit Tede – Lantung Sepukur 17,5 Km dengan menyerap anggaran sekitar Rp 10,5 Milia.

'Ternaduk pembangunan satu unit jembatan di Desa Marente Kecamatan Alas menyerap anggaran  sekitar Rp 1 Miliar," terangnya.

Menurutnya  seluruh dokumen tender untuk kelima paket proyek jalan tersebut telah disampaikan ke ULP Setda Sumbawa Pekan lalu dan kini tinggal menunggu proses tayang bagi pelaksanaan tendernya.

Sedangkan untuk dokumen perencanaan atas paket jembatannya baru saja selesai probity auditnya dari Inspektorat Sumbawa dan secepatnya dokumen tendernya disampaikan ke ULP.

“Jika proses lelangnya tuntas dalam bulan Mei ini, maka kami optimis kegiatan kontrak dan pelaksanaan kegiatan pembangunan fisiknya sudah bisa dimulai pada pertengahan Juni 2023 mendatang, dengan tenggat masa waktu pelaksanaan fisik dilapangan sekitar 5 bulan (150 hari), sehingga seluruh pekerjaan fisiknya paling tidak pada bulan November mendatang sudah dapat diselesaikan dengan baik sesuai dengan yang direncanakan,” cetusnya.

Karena itu, ia berharap  dukungan semua pihak, terutama warga setempat, agar kegiatan pembangunan sejumlah ruas jalan dan jembatan tahun 2023 ini dapat berjalan dengan baik sesuai dengan yang diharapkan.(KA-01)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini