Ketua DPRD Sumbawa Gelontorkan Bantuan Ratusan Genset untuk UMKM

Sebarkan:

Sumbawa Besar, KA.

Pasca pandemi covid-19, sempat berimbas pada lesunya perekonomian masyarakat. Tentunya,  diperlukan terobosan terobosan pemerintah upaya membantu masyarakat guna menjaga stabilitas ketahanan ekonomi.


Karena itu, salah satu ikhtiar dengan membangun sinergitas pemerintah dalam membantu program pengembangan dan pemberdayaan usaha mikro yang diorientasikan pada peningkatan produktivitas Usaha Kecil Menengah dan Industri Kecil Menengah (UKM/IKM), melalui pendanaan usulan Pokir Dewan yang bersumber dari APBD.

Hal inilah yang dilaksanakan oleh Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa, Abdul Rafiq yang sangat memahami kesulitan masyarakat, dalam hal ini Sektor ekonomi dan UMKM salah satu yang diserap dan  diperjuangkan melalui tupoksi yang ada.

Tampak pantauan media, Rafiq, sapaan akrab politisi PDI Perjuangan ini, melaksanakan  penyerahan bantuan genset yang diberikan langsung ke masyarakat di wilayah barat Sumbawa.

Khusunya, Dapil IV dan hampir semua Desa dapatkan, adapun total bantuan genset yakni 801 yang dibagikan ke masyarakat. 

Kegiatan tersebut juga dihadiri Wakil Bupati Sumbawa Hj. Dewi Noviany, S.Pd.,M.Pd, Inspektorat Kabupaten Sumbawa dan jajaran Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan.

Dikatakan Rafiq, bantuan ini merupakan aspirasi yang disuarakan sejak tahun lalu oleh segenap masyarakat disaat Pandemi Covid 19. 

"Dimana masyarakat mengharapkan adanya sentuhan Pemerintah Daerah terhadap keberlangsungan usaha mereka dan juga aktifitas sehari hari di rumah," ungkapnya.

Oleh sebab itu, inilah jawaban dari aspirasi yang disampaikan masyarakat kepada dirinya sebagai wakil rakyatnya. Pemerintah Daerah dalam hal ini bisa mengakomodir melalui bantuan tersebut. 

Masih kata Rafiq, bantuan ini juga disaksikan langsung penyerahannya oleh  Wakil Bupati Sumbawa bersama jajaran OPD terkait  yakni Dinas Koperasi UMKM dan Perindustrian dan Perdagangan, Inspektorat selaku pengawas.

"Hal mendasar kenapa kita salurkan bantuan ini  karena mereka adalah kelompok usaha  UMKM yang  usahanya macet dikala itu, siapa tahu pula pas mati listrik bisa digunakan." cetusnya.

Adapun 9 Desa  di bagian Barat sumbawa ini yang menerima bantuan tersebut yakni Desa Buin Baru Kecamatan Buer,  Desa Luar, Desa Labuhan Alas, Desa Baru,  Desa juran Alas dan Desa Dalam Kecamatan Alas. Selain itu, Desa Usar Mapin, Desa Gontar dan Desa Lekong  di Kecamatan Alas Barat, Para anggota kelompok penerima semuanya hadir.

Menurut  politisi senior moncong putih itu, kehadiran Wakil Bupati Sumbawa dalam penyerahan bantuan ini merupakan bukti dan wujud nyata sinergitas yang baik kedua lembaga antara DPRD dan Pemda, dimana  pelaksanaan program Pemerintah  itu adalah satu.

 "Minggu depan Insya Allah akan digelontorkan kembali 240 mesin ketinting untuk Kelompok Penerima di tiga Desa yakni  Desa Pulau Kaung, Desa Labuhan Burung, dan Desa Labuhan Mapin," ujarnya.

Selain itu, ada juga pokir bantuan ketua DPRD telah disalurkan yakni ternak Kambing  sebanyak  258 Ekor, jaring tangkap ikan nelayan sebanyak  275 Kelompok Penerima. 

Sementara itu,  Wakil Bupati Sumbawa Hj Dewi Noviany, mengatakan berharap kepada penerima bantuan ini agar dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk mengangkat produktivitas para pelaku usaha mikro.

"Alhamdulillah, berkat sinergitas antara eksekutif dan legislatif memberikan pelayanan untuk masyarakat melalui bansos barang yang diserahkan kepada masyarakat lewat aspirasi pokir Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa pak Abdul Rafiq dan eksekutornya pemda melalui Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan, Kami harapkan dapat benar benar membantu produktivitas usaha ekonomi masyarakat," pungkasnya.(KA-01)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini