Mahasiswa KKN UNRAM Semanggeleng Launching Pupuk Organic "Baswara21"

Sebarkan:


Lombok Timur, KA

Pelaksanaan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik New Normal Tahun 2021 yang diikuti ribuan mahasiswa Universitas Mataram (Unram) selama 45 hari akhirnya berakhir.

Kegiatan KKN tersebar di sejumlah desa di NTB dan dilepas Rektor UNRAM Prof Dr Lalu Husni SH M.Hum pada 21 Juni 2021 lalu itu, dinyatakan berakhir,  Kamis (05/08/2021).

Khusus untuk KKN di Desa Gerisak Semanggeleng Kecamatan Sakra Barat Kabupaten Lombok Timur, ditandai launching produk pupuk kompos organik & pupuk organik cair (POC) hasil produksi mahasiswa KKN Unram bersama kelompok pemuda organic village Desa setempat.

Ketua Kelompok Pemuda Organic Village Desa Gerisak Semanggeleng, Zulkarnaen dalam laporannya menjelaskan, launching pupuk kompos ini disiapkan oleh pemuda organic village dan teman teman mahasiswa KKN Unram 2021.

"Pupuk kompos dan organik cair (POC) ini diberikan label nama “BASWARA21” yang artinya bercahaya 2021," cetusnya.

Kedepan diharapkan kelompok ini dapat berkembang terus, sebab dengan menekuni pembuatan pupuk kompos ini menjadi peluang kerja baru dan memajukan perekonomian masyarakat Desa Gerisak Semanggeleng.

"Alhamdulillah  pupuk kompos yang dihasilkan ini tentu berkat kerjas keras yang dilakukan oleh kelompok pemuda organic village  dari 4 Dusun  di Gerisak Semanggeleng. Produk yang dihasilkan ini berkat bimbingan teknis dan bantuan dari teman teman KKN Tematik Unram 2021, karena itu kami menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya," ungkap Zulkarnaen.

Sementara itu, Sekdes Gerisak Semanggeleng Andi Iskandar, sangat berharap kepada kelompok pemuda organik ini agar usaha produksi pupuk kompos yang telah dihasilkan tersebut dapat tetap berlanjut dan berkembang dengan baik. apalagi,  pupuk tersebut sangat alami.

"Saya mewakili Pemerintah Desa menyampaikan apresiasi dan terima kasih yang mendalam atas ilmu dan bimbingan yang telah diberikan oleh rekan-rekan mahasiswa KKN Unram tahun 2021 selama melaksanakan kegiatan KKN di Semanggeleng," ucapannya.

Ditempat yang sama,  Camat Sakra Barat Mahrup S.Sos, menyatakan sangat bangga dengan kelompok pemuda organic Desa Gerisak Semanggeleng ini yang memiliki  kreativitas tinggi untuk mau berusaha dan berkembang kearah yang lebih baik kedepan dengan pembuatan pupuk kompos organik yang dibimbing oleh mahasiswa KKN Tematik Unram tahun 2021.

"Produk yang dihasilkan pemuda Semanggeleng ini rencananya akan diikutkan pada kegiatan lomba pengolahan produk organik mewakili Kecamatan Sakra Barat tahun 2022 mendatang," tukasnya.

Sementara itu, Wiwied ketua KKN Tematik Unram 2021 Desa Gerisak Semanggeleng menyatakan ia  bersama belasan mahasiswa KKN Unram lainnya, sangat terkesan dengan antusias para pemuda dan warga masyarakat Desa Gerisak Semanggeleng.

"Kami berharap melalui beberapa ilmu dan pengabdian kami akan dapat menjadi hal yang positif dan akan tetap dilanjutkan seperti  pembuatan pupuk kompos ini, sehingga dapat membantu Pemerintah dan masyarakat petani untuk memenuhi  ketersediaan pupuk kompos dan organik nantinya," pungkas Wiwied.(KA-04)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini