tayang 15/07/2020

Tahun 2021, Dinas PRKP Sumbawa Prioritaskan Tiga Program Unggulan

Sebarkan:

Sumbawa Besar, KA

Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (PRKP) Kabupaten Sumbawa saat ini fokus menyusun sejumlah program strategis pembangunan yang diharapkan dapat terlaksana pada tahun anggaran 2021 mendatang.


“Sejumlah program itu tentunya disesuaikan dengan alokasi anggaran yang tersedia,” ungkap Kadis PRKP Sumbawa Drs H Burhanuddin MTP kepada media ini, Minggu (22/11/2020).

Untuk program tahun 2021, sambung Haji Bur, sapaan akrabnya, PRKP Sumbawa tetap fokus pada program unggulan yakni air bersih, sanitasi dan perumahan. Sebab, program  tersebut merupakan kebutuhan dasar masyarakat, sehingga kebijakan tersebut tetap diarahkan dapat terlaksana tahun depan.

Adapun skema pembiayaan diharapkan yakni,  dari APBN, DAK, APBD Kabupaten Sumbawa maupun APBD NTB, program dari BSPS maupun dari Balai Prasarana Wilayah dan Perumahan Wilayah NTB.


Diakuinya, untuk tahun 2021 sudah melengkapi redinas kriterianya untuk Pantai Jempol lanjutan dari ujung jembatan Samota hingga ke kawasan Jempol yakni penataan kembali yang masih tersisa dan belum dilaksanakan.

Selain itu, untuk instalasi air bersih Ai-Ngelar yakni membangun jaringan air bersih untuk pelanggan dalam kota, termasuk menuntaskan review Ai-Ngelar tahun 2020 ini .

“Review ini untuk menyesuaikan perencanaannya sebagai dasar untuk penganggaran. Saat ini sedang dalam proses, begitu juga pula penyusunan Rencana Induk Sistem Pengelolaan Air Minum (RESPAM) Kabupaten Sumbawa. Hal ini penting dilakukan sebagai acuan untuk usulan ke Pemerintah Pusat,” tukasnya.

Mengingat pentingnya pembangunan jaringan air bersih itu, sambungnya, pihaknya berharap Balai Prasarana Wilayah dapat menjadikan skala prioritas untuk pengusulan anggarannya ke Pusat.

Sebab, sumber mata air baku Ai-Ngelar debit 100 liter/detik yang dikerjakan tahun 2020 ini, dalam waktu dekat segera rampung, termasuk sumber mata air baku Semongkat yang telah lebih dulu dimanfaatkan.

“Kami berharap potensi dua sumber mata air baku ini dapat memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat dapat terpenuhi sebagaimana diharapkan. Apresiasi dan terima kasih kami atas dukungan masyarakat selama ini,” pungkasnya.(KA-03)


Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini