tayang 15/07/2020

Daftar ke KPU, Pasangan H.Mo-Novi Diusung Tiga Parpol, Minus PKB

Sebarkan:

Sumbawa Besar, KA.

Bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati Sumbawa, Drs H Mahmud Abdullah-Dewi Noviany, SPd M.Pd, (Mo-Novi) resmi mendaftar sebagai peserta Pilkada  ke KPU Sumbawa, Jumat (04/09/2020).

Diringi ribuan simpatisan, pengurus parpol koalisi, H.Mo-Novi mendftarkan ke KPU sekitar pukul 09.41 wita. Usai menyampaikan berkas persyaratan pencalonan dan berkas syarat calon, tim verikator KPU Sumbawa melakukan verifikasi disaksikan pihak Bawaslu Sumbawa.

Sekitar 15 menit verifikasi, KPU menggelar rapat pleno dan memutuskan bahwa berkas persyaratan pencalonan maupun calon pasangan H.Mo-Novi sudah lengkap dan Ketua KPU Sumbawa M Wildan menyatakan pendaftaran diterima dan bakal pasangan calon dipersilahkan untuk mengikuti test kesehatan di RSUD Propinsi NTB di Mataram.

Dalam berkas persyaratan pencalonan, Pasangan H.Mo-Novi diusung oleh tiga parpol koaliasi, yakni PKS, Nasdem dan Golkar tanpa Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Hal itu diungkapkan Ketua KPU saat rapat pleno tersebut, karena dalam berkas yang didaftarkan oleh tim H.Mo-Novi tidak ada form B1 KWK PKB.

Hal itu membuat Sekretaris DPC PKB Sumbawa, Zakarian Surbini protes dan meminta kebijakan dari KPU untuk memberi waktu sambil menunggu form B1-KWK yang masih dalam perjalanan. Perdebatan pun terjadi antara pihak KPU dengan tim H.Mo-Novi juga Bawaslu. Namun pihak KPU Sumbawa tetap pada keputusannya. Rapatpun diskor untuk shalat Jumat. Usai shalat Jumat, pasangan H.Mo-Novi akhirnya bersedia mendantangani Berita Acara Pendaftaran, meski tanpa PKB.

Ketua KPU Sumbawa,  M. Wildan saat dikonfirmasi awak media menyatakan, hanya tiga partai saja yang mendukung pasangan H.Mo- Novi saat mendaftar ke KPU.

“Tadi kami terima berkasnya hanya tiga partai saja yang mendukung pasangan H.Mahmud Abdullah–Dewi Noviany (Mo-Novi) ke KPU,” ujarnya.

Ditemui terpisah, bakal calon Bupati Sumbawa H. Mahmud Abdullah menyatakan, bahwa PKB tetap menjadi bagian dari koalisi Mo-Novi.

“PKB tetap menjadi bagian Mo- Novi. Mengenai belum sampainya SK DPP PKB ke KPU karena ada persoalan teknis ,” tukasnya.

Hal senada juga diungkapkan Dewi Novianti bakal calon Wakil Bupati Sumbawa bahwa ini masalah teknis saja.

“SKnya memang belum kita pegang tapi yang jelas ada. PKB tetap ke kita. Karena PKB ini sudah lama bersama kita. Mau jadi pendukung atau pengusung itu sama saja. Yang jelas PKB tetap bersama Mo- Novi,” pungkasnya.(KA-01)


Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini