tayang 15/07/2020

Hasil Rapid Tes 59 Santri Klaster Magetan, 18 Dinyatakan Reaktif

Sebarkan:
Suasana Rapid Test puluhan santri di Puskesmas Labuhan Sumbawa

Sumbawa Besar, KA
Pemeriksaan Rapid Diagnostic Test (RDT) atau tes cepat terhadap 59 santri asal Kabupaten Sumbawa dari Klaster Magetan telah dilakukan oleh Tim dari Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa. Dari jumlah tersebut, sebanyak 18 orang dinyatakan reaktif.
Hal itu diungkapkan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumbawa - H Didi Darsani kepada wartawan, Selasa (28/4). Terhadap 18 orang satri tersebut telah dilakukan karantina terpadu di Hotel Suci Sumbawa. Saat ini, mereka sedang menunggu giliran pengambilan sample swab tenggorokan.
Apalagi saat ini, lanjut Didi, antrian untuk swab ini cukup banyak. Karena kluarga yang dari klaster Gowa yang positif ini juga harus kita swab. Sehingga membutuhkan waktu beberapa hari kedepan. ‘’Sementara masih menunggu untuk dilakukan pengecekan lebih lanjut. Belum kita lakukan swab (Untuk Klaster Magetan), masih menunggu giliran karena antriannya untuk swab ini banyak. Sampai saat ini dokter terus melakukan pengambilan swab. Sehari tidak boleh lebih dari 15 swab untuk menjaga kualitas sampel,’’ tuturnya.
Sementara terhadap para satri dengan hasil rapid test non reaktif, saat ini sedang melakukan karantina mandiri. Sambil menunggu rapid test yang kedua.
‘’Yang tidak reaktif kita cek lagi sekali, karena harus dua kali non rekatif baru kita. Total yang dikarantina sekarang tidak saya tau persis, lebih kurang kapasistas karantina hampir penuh,’’ pungkasnya.(KA-01)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini