tayang 15/07/2020

APD Bantuan BNPB Sudah Didistribusikan ke Puskesmas

Sebarkan:

Sumbawa Besar, KA
Terdapat 125 alat pelindung diri (APD) berupa baju diterima Kabupaten Sumbawa pada Selasa (31/3) lalu. Itu merupakan bantuan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), yang peruntukannya bagi Dinas Kesehatan.
Kepala Dinas Kesehatan Sumbawa H. Didi Darsani ketika dikonfirmasi wartawan membenarkan adanya bantuan tersebut.
APD itu sudah mulai didistribusikan ke sejumlah puskesmas yang ada di daerah. Artinya, tidak semua puskesmas diberikan. Karena ketika dibagi ke seluruh puskesmas, maka APD tersebut jumlahnya tidak mencukupi.
‘’Itu (APD, red) sudah didistribusikan ke puskesmas,’’ ungkapnya Rabu (1/4) di kantor Bupati Sumbawa.
Dengan begitu, hanya beberapa puskesmas saja yang diberikan APD bantuan tersebut. Jadi puskesmas penerima APD nantinya akan menghandel puskesmas terdekat lainnya, ketika ditemukan ada pasien dalam pengawasan (PDP). ‘’Jadi misalnya untuk sebelah barat ada dua puskesmas yang handel, timur dua puskesmas, dan seterusnya. Jadi kalau kita bagi semua, cuma dapat lima, belum tentu ditiap puskesmas itu sama kasusnya. Jadi puskesmas yang terdekat saling kontak kebutuhannya. Yang dalam kota ini saya letakkan ke puskesmas unit II, biar mereka yang koordinir semua yang dekat-dekat ini. Jadi kita bagi sesuai kebutuhan. Porsinya kan tidak sama,’’ tandas Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumbawa ini.
Saat ini, pihaknya sudah mengajukan kembali penambahan APD ke Pemerintah Pusat. Ketika nantinya terealisasi, maka akan didistribusikan kembali ke fasilitas kesehatan lainnya.
‘’Sambil kita tunggu datang lagi, baru kita bagi lagi,’’ pungkasnya. (KA-01)


Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini