tayang 15/07/2020

Rekrut Calon PPK, KPU Minta Masyarakat Ikut Mengawasi

Sebarkan:

Sumbawa Besar, KA.
Pendaftaran perekrutan calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pilkada Kabupaten Sumbawa 2020 telah berakhir pada hari Jumat (24/1) lalu. Sebanyak 441 orang dinyatakan terdaftar, dan saat ini dalam tahap penelitian administrasi.
‘’KPU Sumbawa saat ini dalam tahapan penelitian administrasi calon anggota PPK yang dimulai dari tanggal 25 hingga 27 Januari 2020,’’ kata Ketua Divisi SDM dan Parmas KPU Sumbawa, - Muhammad Ali.
Dijelaskan, adapun indikator penelitian administrasi sesuai dengan persyaratan dan kelengkapan dokumen - dokumen yang harus dipenuhi oleh pendaftar seperti poto copy e-KTP, poto copy ijazah yang dilegalisir, poto 3x4 sebanyak 2 lembar, surat pendaftaran, surat pernyataan, daftar riwayat hidup dan surat keterangan sehat dari puskesmas atau Rumah Sakit terdekat.
‘’Penelitian administrasi untuk sementara, rata-rata pendaftar calon anggota PPK memenuhi persyaratan dan dokumen yang dipersyaratkan,’’ terangnya.
Ditegaskan, pihaknya melakukan penelitian administrasi tidak hanya karena tahapan dan kelengkapan administrasi,  tetapi lebih jauh bertujuan untuk memastikan calon anggota PPK tidak ada yang melewati 2 kali masa periodesasi menjadi anggota PPK dan "non partisan" yaitu tidak menjadi anggota partai politik atau paling singkat 5  tahun tidak pernah lagi menjadi anggota partai politik, sesuai surat pernyataan dan atau ada surat keterangan jika pernah menjadi anggota partai.
Sehingga KPU Sumbawa saat ini melakukan pengamatan dan pencermatan dengan baik penelitian administrasi khususnya terkait analisis data periodesasi calon anggota PPK berdasarkan dokumen Keputusan KPU Sumbawa tentang Penetapan anggota PPK pada pemilu atau pemilihan sebelumnya dan indikasi masih menjadi anggota atau tidak lagi menjadi anggota partai tetapi masih kurang dari  lima tahun. Setelah itu, pihaknya mengumumkan yang lulus hasil penelitian administrasi pada 28 dan 29 Januari 2020, dilanjutkan tes tulis pada 30 Januari 2020.
Dalam kesempatan itu, KPU berharap keterlibatan masyarakat dalam mengawasi dan melaporkan kepada KPU Sumbawa secara tertulis mulai tanggal 28 Januari hingga 5 Februari 2020, jika ada calon anggota PPK yang lulus hasil penelitian administrasi dan atau yang lulus tes tulis terindikasi sudah dua periode dan menjadi anggota partai atau tidak lagi menjadi anggota tetapi kurang dari lima tahun.
‘’Kami apresiasi relawansi masyarakat Sumbawa yang telah berpartisipasi aktif mendaftarkan diri menjadi calon anggota PPK di 24 kecamatan dan berterima kasih kepada insan pers, pemerintah daerah di tingkat kecamatan dan desa/kelurahan secara independen telah membantu sosialisasi kepada masyarakat jadwal perekrutan calon anggota PPK dalam pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa 2020,’’ demikian Ali. (KA-01)






Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini