tayang 15/07/2020

Operasi Katarak Gratis, Bupati Apresiasi Pemprov NTB

Sebarkan:

Sumbawa Besar, KA.
Bupati Sumbawa Bupati Sumbawa, H.M. Husni Djibril, B.Sc menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Provinsi NTB dalam  hal ini Dinas Kesehatan Provinsi NTB dan sejumlah stake holder yang telah menyelenggarakan operasi katarak gratis bagi masyarakat di daerah ini.
 “Pemerintah Kabupaten Sumbawa menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya, Kepada Pemerintah Provinsi NTB, Dinas Kesehatan Provinsi NTB, The Fred Hollow Foundation (FHF), dan Rumah Sakit Mata NTB, yang telah memilih Kabupaten Sumbawa untuk dilaksanakannya operasi katarak gratis dengan target 500 pasien,” ungkap Bupati saat membuka secara resmi kegiatan Operasi Katarak Gratis dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional ke-55 Tahun 2019, di RSUP H.L. Manambai Abdul Kadir Sumbawa Besar, Rabu (30/10/2019).
Dikatakan, indera penglihatan merupakan salah satu alat tubuh yang mempunyai fungsi sangat penting bagi manusia, untuk menerima informasi dari lingkungan kehidupan sekitarnya, sehingga mampu beradaptasi dan mempertahankan hidup. Dengan demikian, ungkap Bupati, kesehatan indera penglihatan merupakan salah satu unsur terpenting, dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia.
Menurut H. Husni, tingginya angka kebutaan selain disebabkan oleh meningkatnya angka harapan hidup yang menyebabkan kelompok usia lanjut  meningkat, juga disebabkan oleh katarak sebagai penyebab utama kebutaan. “Pada kesempatan ini kami juga menghimbau kepada kita semua, khususnya dinas kesehatan dan jajarannya, agar selain upaya kuratif dan rehabilitatif melalui operasi katarak ini, perlu juga dibarengi dengan upaya promotif dan preventif untuk menghambat laju pertumbuhan katarak,” ujarnya.
Bupati berharap, The Fred Hollow Foundation (FHF), Rumah Sakit Mata NTB, dan tim medis operasi katarak, di masa yang akan datang masih berkenan menyelenggarakan kegiatan serupa di Kabupaten Sumbawa.
“Apabila terdapat hal-hal yang kurang berkenan dalam penyelenggaraan kegiatan, kami menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya,” tutup H. Husni Djibril.
Sementara Dr. Evi Douren, perwakilan dari The Fred Hollow Foundation (FHF) menyatakan sangat senang bisa membantu masyarakat NTB khususnya Kabupaten Sumbawa dalam hal kesehatan mata. Disampaikan, ada dua proyek yang sedang dikerjakan pihaknya, yaitu Katarak yang fokusnya pada usia 50 tahun ke atas, dan Gangguan Refraksi yang fokus pada anak usia sekolah dasar. Dijelaskan Dr. Evi, bahwa program tersebut akan berakhir pada akhir Maret 2020, namun program akan dilanjutkan karena keinginannya membantu mengurangi beban kesehatan masyarakat NTB.
“Kami berharap, program yang kami lakukan ini dapat membawa berkah bagi masyarakat NTB dan khususnya Kabupaten Sumbawa,” pungkasnya.
Kepala Dinas Kesehatan NTB, Dr. Nurhandini Eka Dewi, SP.A., selaku pejabat yang mewakili Gubernur NTB, menyampaikan apresiasi kepada semua pihak terkait atas kontribusi yang berikan, dengan turut serta menyehatkan masyarakat NTB, yang sangat melekat dengan salah satu visinya, yakni NTB yang Sehat dan Cerdas. Dijelaskan, salah satu upaya dalam bidang kesehatan untuk meningkatkan indeks pembangunan manusia, yakni dengan mendekatkan fasilitas kesehatan kepada masyarakat. Disampaikan pula bahwa, propinsi NTB dalam hal kebutaan menduduki peringkat ke 2 di Indonesia, setelah Jawa Timur.
Adapun Operasi Katarak Gratis ini akan berlangsung 30 Oktober sampai dengan 3 November 2019 mendatang.(KA-01)








Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini