Dikbud Sumbawa Dapat DAK Rp 2,7 Miliar untuk Rehab TK/PAUD Tahun 2022

Sebarkan:

Sumbawa Besar, KA.

Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia kembali akan menggelontorkan bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK)  sekitar 2,7 miliar untuk menunjang program pembangunan dan pembenahan fisik sarana prasarana sejumlah TK/PAUD di Kabupaten Sumbawa tahun 2022 mendatang.

Sekretaris Dinas Dikbud Kabuaten Sumbawa yang juga Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Ir Surya Darmasya kepada media ini, menjelaskan,  anggaran DAK tahun 2022 dari Kemendikbud tersebut, jauh meningkat jika dibandingkan dengan anggaran DAK tahun 2021 ini yakni sekitar Rp 1,1 miliar. Dimana progress fisiknya telah dinyatakan tuntas 100 persen sejak awal Oktober.

“Dengan sukses dan tuntasnya pekerjaan tahun 2021 tersebut Alhamdulillah usulan kegiatan yang sama untuk tahun anggaran 2022 mendatang telah mendapatkan lampu hijau dari Kemendikbud, dengan memberikan bantuan DAK sebesar Rp 2,7 miliar yang akan dialokasikan untuk rehabilitasi sejumlah TK Pembina Negeri dan Swasta di Sumbawa,” terangnya.

Sementara itu, untuk bantuan anggaran tahun 2021 sebesar Rp 1,1 miliar untuk membiayai kegiatan pembangunan dan pembenahan fisik TK/PAUD sebesar Rp 850 Juta dan sisanya sekitar Rp 250 Juta diperuntukkan untuk kegiatan non fisik, seperti untuk menunjang kegiatan managemen pengawasan, perencanaan, pertemuan dan perjalanan dinas.

“Untuk tahun ini kegiatan fisiknya diperuntukkan bagi pembenahan bagi empat TK/PAUD Pembina di Kecamatan Plampang, Empang, Utan dan Kecamatan Alas,” tukasnya.

Sedangkan untuk pengerjaanya, kata Darmasya,  ada tiga lokasi yang menggunakan sistem kontraktual penunjukan langsung (PL) dan satu lokasi lainnya menggunakan sistem tender seperti untuk TK/PAUD di Kecamatan Alas.

Sesuai rencana program yang ditetapkan pembangunan dan pembenahan lebih difokuskan pada pembangunan fisik bangunan ruang guru, jamban, pengadaan Alat Permainan Educatif (APE) diluar ruangan seperti selonjor, timbangan dan alat permainan lainnya, serta dibangun untuk ruang guru, ruang pertemuan, dan rehab ruang kelas agar lebih representatif kedepan, paparnya.

“Alhamdulilah, seluruh program pembangunan dan pembenahan fisik TK/PAUD dalam tahun anggaran 2021 di Kabupaten Sumbawa berhasil dituntaskan 100 persen. Dan telah dilakukan PHO sejak awal Oktober lalu, dan kini telah dimanfaatkan dengan baik dalam menunjang kegiatan belajar mengajar,” pungkasnya.(KA-01)


Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini