Jalin Sinergitas, Kapolres Silaturahmi dengan Tokoh Masyarakat Sumbawa

Sebarkan:

Sumbawa Besar, KA.

Kapolres Sumbawa AKBP Esty Setyo Nogroho, S.IK. menggelar silaturahmi kamtibmas bersama ketua dan Forum Komunikasi Lintas Etnis (FKLE) serta seluruh tokoh masyarakat Sumbawa, Jumat  malam (02/09/2021)

Kegiatan itu digelar guna menjalin sinergitas dalam rangka  memelihara kamtibmas yang kondusif di wilayah Kabupaten Sumbawa.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kapolres Sumbawa AKBP Esty Setyo Nugroho, S.IK, Dandim 1607 Sumbawa Letkol Kav. Rudi Kurniawan, S.Sos. M.Tr (Han), Waka Polres Sumbawa Kompol Rafles P. Girsang, S.IK. Kepala Jasa Raharja Ayudi Darmawan, SE. MM. Kepala BPN Subhan, Kepala Dinas PMD Sumbawa Varian Bintoro, Sos. MSi, Kasat Intelkam  Dozer Trisatria Armada, S.T.K. S.I.K., Ketua FKLE  sekaligus Ketua Etnis Tiong Hoa Agus Herianto, SE., Ketua Etnis Sumbawa Bpk Denny Wardhana, Ketua Etnis Sasak H. Bardin, Ketua Etnis KKSS Refi. S., Ketua PFMF David Maru, Ketua Etnis Jawa M. Anshori, Ketua Etnis Arab Fahri Bahanan, Ketua Etnis Bali I Wyn Suarya Dala, Ketua Etnis Sunda Jejen Hudori, Ketua Etnis Madura H. Jurnawi, Ketua Etnis Mandar A. Rahman, Ketua Etnis Bima Amiruddin, Ketua Etnis Batak Saroha Hendri Sitorus, Sesepuh FKLE  Drs. H. Syaifullah Karim, Sekjen LATS  Haris Zulkarnaen, Ketua Moge Iwan Rantak.


Pada kesempatan itu,  Kadis PMD  Sumbawa Varian Bintoro, mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada Kapolres Sumbawa yang telah menyempatkan waktunya mengunjungi tokoh masyarakat.

Menurut Varian, sapaan akrabnya, kegiatan seperti ini memang sudah menjadi tradisi, yakni untuk menjalin tali silahturahmi antara Kapolres Sumbawa yang baru dengan seluruh masyarakat yang tergabung dalam FKLE Kabupaten  Sumbawa, sehingga  dapat terjalin tali silahturahmi yang baik dan bersama-sama menjaga keamanan, demi kemajuan serta kerukunan antar etnis di Sumbawa.

" Sumbawa merupakan tanah Intan Bulaeng yang artinya tanah emas dan permata, yang mana tanah Sumbawa ini semoga mampu membsrikan kedamaian dan kehidupan bagi masyarakat yang tinggal diatasnya," ungkapnya.

Ia berharap agar kegiatan seperti ini tetap dilaksanakan, karena begitu penting demi terciptanya kerukunan antar etnis.

Sementara itu, Kapolres Sumbawa AKBP Esty Setyo Nugroho, S.IK. mengatakan ia  melihat malam ini sebagai bukti, bahwa di Sumbawa memang hidup berbagai macam etnis.

"Semuanya hidup dalam kerukunan, hal itu, terlihat dengan kehadiran para tokoh tanpa ada jarak dan sekat," tukasnya.

Dihadapan tokoh masyarakat, AKBP Esty,  mohon bimbingan dan ditegur apabila dalam pelaksanaan tugasnya ke depan, ada yang salah atau keliru.

"Kami berharap kedepannya pertemuan seperti ini dapat terlaksana secara intens baik secara formal maupun non formal, " cetusnya.

AKBP Esty mengucapkan terima kasih, karena diberi kesempatan untuk memperkenalkan diri dan pertemuan malam ini.

" Hal ini sebagai bentuk bahwa dirinya dapat diterima oleh masyarakat Kabupaten Sumbawa," ujarnya.


Ia berharap dimanapun ia bertugas, semoga dirinya dan institusi yang dipimpinnya dapat bermanfaat bagi masyarakat.

*Insya Allah, semoga tetap diberi kekuatan untuk selalu amanah," ucapnya.

Sesepuh FKLE Kabupaten Sumbawa Drs. H. Syaifullah Karim, menyampaikan bahwa NKRI merupakan suatu bentuk kontrak sosial  sebagai anak bangsa yang harus jaga secara bersama-sama tanpa harus memandang perbedaan Suku, Agama Ras dan Antar Golongan.

Karenanya, Forum Komunikasi Lintas Etnis harus dikukuhkan karena merupakan ikatan yang sangat mendasar agar kerukunan di Tana Samawa ini dapat tetap terjaga seperti keutuhan Pancasila dan NKRI.

"Kami, atas nama Forum Komunikasi Lintas Etnis secara resmi menerima kehadiran bapak Kapolres menjadi warga Tau Tana Samawa," tukasnya.

Ia menilai dibawah kepemimpinan Kapolres Kapolres muda Institusi Kepolisian semakin hari semakin bermasyarakat, dimana Polisi sangat dibutuhkan masyarakat.

"Semoga Kapolres Sumbawa yang datang di Tana Samawa hari ini mampu memberikan kesejukan dan kesan yang baik kepada masyarakat Tau dan Tana Samawa," pungkasnya.(KA-04)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini