Progress Fisik Proyek SPAM “Ai Ngelar” Mencapai 80 Persen

Sebarkan:

Sumbawa Besar, KA.

Progres fisik proyek pembangunan sumber mata air baku (SPAM) “Ai-Ngelar” dari Dusun Selang Desa Kerekeh Kecamatan Unter Iwes bersumber dari APBN tahun 2020 senilai Rp 11 miliar telah mencapai 80 persen.


Kabag Pembangunan (APP) Setda Sumbawa, Usman Yusuf SE, ME, kepada awak media, menyebutkan, progress fisik proyek APBN melalui Balai Wilayah Sungai Nusa Tenggara 1 (BWS NT-1) yang dikerjakan oleh kontraktor PT Fikri Bangun Persada itu  hingga awal Oktober 2020 mencapai sekitar 80 persen.

“Hasil monev tim APP didampingi kontraktor dan konsultan pengawas Kamis lalu, progress fisiknya telah mencapai 80 persen dengan kondisi bagian Intake sudah selesai,” ujar Usman, sapaan akrabnya.

Saat ini, sambungnya,  pekerjaan sedang dilaksanakan yakni menyelesaikan bak penampungan, pemasangan dan penanaman pipa sudah dikerjakan sepanjang 4 Km dari target 8 Km.  Begitu juga pembangunan reservoir dan Instalasi Pengolahan Air (IPA) juga sedang dalam proses pengerjaan.

“Jika melihat progres pekerjaan, sejauh ini proyek SPAM “Ai Ngelar” berjalan ‘On The Track’ sesuai schedule yang ditetapkan, kami optimis Desember 2020 mendatang proyek tersebut rampung,” tukasnya.

Diakui Usman, masyarakat sekitar proyek juga merasakan manfaat dengan telah dibukanya jalan yang cukup lebar untuk akses ke lokasi dan jalur pipa, sehingga masyarakat Desa Mokong, Selang, Ai Ngelar dan Kerekeh yang selama ini kesulitan, kini akses jalan menuju ke Sumbawa Besar semakin lancar.


Ditempat terpisah, Kepala Dinas Perumah Rakyat dan Kawasan Pemukiman (PRKP) Sumbawa Drs H Burhanuddin MT, menyatakan optimis proyek SPAM Ai Ngelar  dengan kapaistas debit air 100 liter per detik tersebut bisa rampung dalam tahun ini.

“Sehingga diharapkan mampu mencover kebutuhan air bersih yang selama ini menjadi keluhan masyarakat. Rencanannya, tahun 2021 mendatang kegiatan akan dilanjutkan dengan  pembenahan jaringan pipa air bersih, sehingga pasokan air ke masyarakat lancar,” katanya.

Sementara itu, kontraktor pelaksana PT Fikri Bangun Persada, Edi Sudarmin ketika dihubungi media ini, menyatakan sejauh ini pelaksanaan pekerjaan proyek pembangunan SPAM Ai Ngelar tidak ditemukan kendala berarti. Seluruh tahapan pekerjaan berjalan baik dan lancar sesuai schedule.

Hingga awal Oktober, progress fisik telah tercapai sekitar 80 persen dan seluruh sisa pekerjaan akan terus digenjot diharapkan tuntas akhir Desember mendatang.

“Pekerjaan berjalan lancar, tentu tidak terlepas dari strategi yang diterapkan dengan daya dukung kekuatan peralatan, tenaga kerja yang memadai dan mumpuni, pasokan material dalam keadaan ‘on site’ serta  dukungan dari semua pihak khususnya masyarakat sekitar proyek. Kami sangat berterima kasih atas dukungannya selama ini,” pungkasnya.(KA-01)

 


Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini