tayang 15/07/2020

Ratusan Warga Suka Damai Demo Minta Kades Dicopot

Sebarkan:

Sumbawa Besar, KA.
Sedikitnya ratusan Warga Desa Suka Damai Kecamatan Labangka, Sumbawa, menggelar aksi demo mendesak Kepala Desa setempat M. Yamin, segera dicopot dari jabatannya.
Lalu Sapta Mikian, warga setempat dalam orasinya meminta agar Kades segera mundur dari jabatannya, menyusul pelanggaran yang dilakukannya.
"Silakan pak kades lepas saja jabatannya. Karena, telah melakukan pelanggaran dengan cara melakukan pemberhentian dan mutasi kepada perangkat desa,"  ungkap, Lalu Sapta Mikian, Rabu  (23/7/2020).
Padahal, sambungnya, ia bersama warga lainnya sudah mengingatkan agar Kades tidak melakukan pemecatan tanpa dasar yang jelas, namun hal itu tidak diindahkan.
"Disaat Desa lain di Labangka berbicara tentang pembangunan kita di Desa Suka Damai justru melakujan pemecatan dan mutasi yang dilakukan oleh Kades. Ini ada apa," tanya Mikian.
Seharusnya, kata dia, Kades mendengarkan aspirasi masyarakat, bukan sebaliknya melakukan tindakan semaunya.
"Ini negara hukum. Ada yang mengatur kita. Buat apa aturan jika tidak dijalankan," timpal Mikian.
Mikian juga menyoroti adanya pengangkatan Kadus yang nota benenya bukan penduduk asli di dusun tersebut.
"Kades sepertinya tidak faham dengan aturan yang ada. Kok bisanya mengangkat Kadus yang bukan ber KTP di dusun tersebut," tandasnya.
Hal senada juga diuangkapkan penanggung jawab aksi, Jumail Fata.
Menurutnya, apa yang dilakukan oleh Kades Suka Damai ini telah mencederai hati masyarakat.
"Ini benar melukai hati masyarakat. Belum tiga bulan Kades sudah didemo warganya. Jujur kami sebenarnya tidak mau melakukan hal ini. Tapi Karena kades tidak mendengar kami makanya kami melakukan aksi demontrasi," tegasnya.
Karenanya, ia bersama warga lainnya menolak kebijakan yang dilakukan oleh Kades dalam hal pemecatan dan mutasi perangkat desa.
"Masalah mutasi dan pemecatan kami tolak. Karena, setahu kami ini telah melanggar aturan yang ada," tegasnya.
Sementara itu, anggota BPD Suka Damai Kecamatan Labangka, Teguh Prastopo Susanto didampingi oleh rekannya sesama BPD Ruslan mengatakan, pihaknya menolak kebijakan Kades yang melakukan pemecatan terhadap perangkat desa.
Sebab, sejauh ini Kades tidak pernah melakukan berkordinasi dengan BPD.
"Apa yang dilakukan oleh Kades Suka Damai M. Yamin kami tidak benarkan. Karena ada hal- hal yang tidak dilaksanakan," tukasnya.
Sementara itu,  Camat Labangka saat warga melakukan aksi sedang tidak berada ditempat dan diwakili oleh Kasi Pemerintahan Hairuddin.
Seperti diketahui, aksi demonstrasi yang digelar oleh ratusan warga di Suka Damai Kecamatan Labangka tersebut selain meminta Kades mundur dari jabatannya juga meminta agar ketua BPD setempat untuk diganti. Karena, tidak peka dengan aspirasi masyarakat di wilayah tersebut.(KA-01)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini