tayang 15/07/2020

Operasi Patuh Gatarin, Polisi Kedepankan Pendekatan Humanis

Sebarkan:

Sumbawa Besar, KA.
Pelaksanaan Operasi Patuh Gatarin 2020 saat ini lebih mengedepankan pendekatan persuasif dan humanis kepada pengguna jalan di Kabupaten Sumbawa.
“Dalam Operasi Patuh kali ini, kami lebih mengedepankan cara cara preventif dan humanis kepada masyarakat,” ungkap  Kasat Lantas Polres Sumbawa Iptu Samsul Hilal, SH,  Sabtu (25/07/2020).
Dalam pelaksanaan Ops Patuh, sambungnya, polisi akan lebih mengedepankan pencegahan kepada setiap pengendara. Sedangkan upaya penegakan hukum akan menjadi upaya terakhir dalam operasi ini.
"Konsep operasi persuasif dan humanis ini lebih kedepankan tindakan pencegahan. Persentase dari Ops ini 40 persen adalah giat preemtif, 40 persen preventif dan 20 penegakan hukum,"  cetus Iptu Samsul.
Menurutnya, pendekatan preemtif tersebut dilakukan sebab operasi patuh digelar ditengah berlangsungnya Pandemi Covid-19. Giat preemtif juga berorientasi juga pada era kebiasaan baru dalam rangka pencegahan penyebaran covid atau memutus mata rantai penyebaran covid.
"Langkah represif penegakkan hukum itu belakangan, tapi kedisiplinan masyarakat ini jadi utama. Fokusnya adalah edukasi pencegahan untuk adaptasi kebiasaan baru, Orientasi kita tetap yaitu operasi kemanusiaan karena situasinya dalam rangka adaptasi baru Covid-19," tukasnya.
Senada diungkapkan Kabag Ops Polres Sumbawa melalui Kasubbag Humas Iptu Sumardi, S.Sos.
Menurutnya, penilangan di lapangan selama operasi hanya sekitar 20 persen. Sisanya petugas lebih mengedepankan edukasi.
“Kami akan memberi teguran secara tematik, soal pelanggaran rambu atau melawan arus yang ditekankan. Hal ini akan dikolaborasikan dengan imbauan protokol kesehatan Covid-19,” pungkasnya.(KA-01)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini