Akomodir UKM Lokal, DKP Sumbawa Apresiasi Program JPS Gemilang

Sebarkan:

Sumbawa Besar, KA.
Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sumbawa mengapresiasi kebijakan Pemprov Nusa Tenggara Barat, menyusul diakomodirnya puluhan UKM lokal  Sumbawa sebagai mitra untuk kebutuhan Program JPS Gemilang.
“Alhamdulilah, hampir  semua UKM lokal di Sumbawa diberdayakan untuk menyediakan kebutuhan JPS Gemilang, kami sangat mengapresiasi langkah Pemprov NTB dalam hal ini pak Gubernur,” ungkap, Kepala DKP Sumbawa, Ir Dirmawan, MM, kepada media ini, di ruang kerjanya, Senin (29/06/2020).
Menurut Dirmawan, sapaan akrabnya, diakomodirnya puluhan UKM lokal  khususnya yang menjalankan usahanya dibidang pengolahan hasil perikanan dan tambak garam rakyat tersebut, sebagai bentuk pemberdayaan masyarakat dan wujud kepedulian serta kehadiran pemerintah di masa-masa sulit  akibat pandemi covid 19 saat ini.
“Kebijakan ini untuk memberdayakan ekonomi masyarakat, apalagi di masa sulit seperti saat ini, negara hadir  untuk mengantisipasi dampak sosial ekonomi akibat pandemic,” ungkapnya.
Hal itu, sebut Dirmawan, dapat dilihat dari diakomodirnya puluhan UKM lokal Sumbawa untuk mensuplai kebutuhan JPS Gemilang, diantaranya untuk produk ikan kering, abon ikan, garam dan sebagainya.
Diakui Dirmawan, sebelumnya pihaknya telah menerbitkan rekomendasi bagi 23 UKM pengolahan hasil perikanan dan garam rakyat tersebar di sejumlah kecamatan dan desa di Kabupaten Sumbawa, bergerak di usaha ikan kering, terasi, abon ikan, kerupuk atom, garam konsumsi dan hasil olahan lainnya.
“Rekomendasi itu kami layangkan ke DKP Propinsi dan Alhamdulilah hasil verifikasi propinsi, UKM tersebut diakomodir dan siap menjadi mitra untuk JPS Gemilang,” tandasnya.
Karenanya, ke depan ia berharap program pemberdayaan ekonomi masyarakat lokal tersebut dapat dipertahankan dan jika bisa ditingkatkan.
“Kami sangat berharap ada kontinuitas dan tidak berhenti hingga program JPS Gemilang tidak ada lagi,” harapnya.
Sementara itu, Ibu Lissa, Ketua Koperasi Laut Biru Desa Labuhan Kuris Kecamatan Lape, selaku penyalur garam konsumsi berstandar SNI merasa bersyukur dengan diakomodirnya garam dari tambak rakyat di desanya itu menjadi mitra program JPS Gemilang.
“Alhamdulillah kami diminta untuk menyediakan garam untuk JPS Gemilang baik di Sumbawa dan KSB. Terima kasih pak Gubernur sudah membantu usaha kami agar tetap eksis di masa sulit ini,” pungkasnya.(KA-01)




Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini