Ditengah Wabah Covid 19, Wabup Sumbawa Lepas Ekspor 6.600 Ton Jagung ke Filipina

Sebarkan:

Sumbawa Besar, KA.
Ditengah wabah covid 19, ekspor komoditas jagung petani di Kabupaten Sumbawa tetap menggeliat. Wakil Bupati Sumbawa Drs H. Mahmud Abdullah, melepas ekspor perdana 6.600 Ton Jagung, di Pelabuhan Badas, Jumat  (15/05/2020).
Wabup menyatakan, berkurangnya kemampuan pasar dalam negeri dalam menyerap jagung dengan hasil panen yang berlimpah, menyebabkan perlu adanya campur tangan pemerintah agar hasil produksi petani saat panen raya seperti sekarang ini tetap terserap dengan harga stabil. 
“Salah satunya adalah dengan mendorong ekspor,” ujarnya.
Haji Mo, sapaan akrab Wakil Bupati Sumbawa, menyampaikan bahwa pemerintah daerah bersama Kementerian Pertanian mendorong ekspor jagung, karena saat ini hasil panen berlimpah namun serapan pasar menurun.
"Saat ini Kabupaten Sumbawa sedang ada di puncak panen raya, namun fakta dilapangan memperlihatkan adanya penuruhan harga dan gudang yang penuh karena menurunnya permintaan pasar dalam negeri,” ungkapnya saat menyerahkan penyerahan _phytosanitary certificate_ atau sertifikat ekspor kesehatan Karantina Pertanian Sumbawa kepada eksportir di Pelabuhan Badas, Sumbawa Jumat (15/5).
Haji Mo’ juga menekankan pentingnya mengutamakan kepentingan petani. Karena dari merekalah semua berasal, sehingga apapun upaya yang dilakukan tujuannya adalah agar petani lebih sejahtera melalui penyerapan hasil produksinya.
Kepala Badan Karantina Pertanian (Barantan) RI, Ali Jamil  yang dihubungi secara terpisah menyatakan dukungannya terhadap upaya tersebut.
Menurutnya, ditengah pandemi global saat ini kepentingan petani dan nasional menjadi utama. Ia menyampaikan bahwa Kementerian Pertanian mengawal 11 komoditas pokok agar dapat memenuhi kebutuhan dalam negeri terutama dimasa pandemi covid-19 ini. Diantarnya yaitu beras, jagung, bawang merah, bawang putih, cabai besar, cabai rawit, daging sapi/ kerbau, daging ayam ras, telur ayam ras, gula pasir, dan minyak goreng.
Namun demikian jika kebutuhan dalam negeri stoknya telah terpenuhi, maka ekspor menjadi pilihan cerdas agar Indonesia bisa membantu negara lain dalam memenuhi pasokannya, sekaligus mengangkat pendapatan petani.
Jamil juga menyampaikan instruksi Menteri Pertanian (Syahrul Yasin Limpo, red) kepada para dunia usaha bidang pangan untuk turut berkontribusi, dan berperan serta untuk menjaga stok dan harga stabil. SYL juga mengajak semua pihak agar tidak mengambil keuntungan dari keadaan abnormal akibat wabah virus corona, tambah Jamil.
Provinsi Nusa Tenggara Barat sendiri merupakan salah satu sentra produksi jagung nasional. Dari data Badan Ketahanan Pangan Propinsi Nusa Tengggara Barat tahun 2018 bahwa luas panen jagung yang dimiliki Kabupaten Sumbawa sebesar kurang lebih 326 ribu ha, dengan rata-rata produktivitas sebesar 6,6 ton per hektar.
Sedangkan berdasarkan data IQFAST (Indonesia Quarantine Full Automation System) Karantina Pertanian Sumbawa tercatat bahwa ekspor jagung pada 2018 sebanyak 109 ribu ton dengan jumlah 6 eksportir, sedangkan pada 2019 hasil produksi diserap penuh oleh pasar dalam negeri.
Jamil kembali menegaskan bahwa dalam situasi dan kondisi saat ini, agar seluruh elemen masyarakat dapat bersatu, tidak mengutamakan kepentingan pribadi dan golongan namun agar mengutamakan kepentingan bangsa yang lebih besar.
"Ayolah semuanya, produsen hingga pedagang kita juga punya tanggung jawab sosial dan patriot bagi negeri ini. Pemerintah dan masyarakat harus bersama. Insyaallah kejadian akibat bencana corona ini dapat kita lewati bersama," pungkas Jamil.
Sementara itu, drh. IB Putu Raka Ariana, Kepala Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Sumbawa Besar memaparkan tugasnya selaku otoritas karantina dengan peran sebagai fasilitator pertanian di perdagangan internasiol terus mendorong kinerja ekspor di wilayah kerjanya.
Diantaranya dengan menerapkan sistem in line inspection yaitu kerjasama Barantan dengan dinas pertanian setempat dalam mengawal kualitas produksi jagung dari mulai produksi atau penanaman hingga pasca panen. Selain itu, pihaknya juga melakukan pelayanan jemput bola dalam pelayanan karantina yaitu pemeriksaan yang dilakukan langsung digudang pemilik, juga melakukan pengawasan serta pemenuhan persyaratan lain sesuai kebutuhan negara tujuan ekspor seperti fumigasi dan pemeriksaan laboratorium.
Ditempat yang sama, Ferry Setyawan Sutrisno perwakilan eksportir dari PT. Seger Agro Nusantara (SAN) yang hadir dalam acara tersebut menjelaskan bahwa perusahaan pengepul jagung biji dari Sumbawa tersebut memiliki kapasitas gudang sebesar 10.000 ton, sehingga setiap harinya harus menampung 1.000 ton jagung dari petani.
Dijelaskan, saat ini pasar penjualan industri pakan ternak di pulau Jawa sudah mengurangi pembelian, karena persediaan jagung bahan baku maupun pakan jadi masih dalam jumlah yang mencukupi. Menurutnya, jika kondisi berlangsung demikian dalam jangka waktu yang lama, apa lagi saat kondisi panen raya seperti sekarang ini, ia menghawatirkan gudangnya tidak dapat membeli dan menampung hasil panen dari petani.
“Setelah pengiriman tahap pertama ini yaitu sebanyak 6 ribu ton tujuan Filipina, tahap kedua pada bulan ini juga akan dikirim sebanyak 6,6 ribu ton lagi dengan negara tujuan sama,” pungkasnya.
Turut menyaksikan pelepasan ekspor tersebut secara daring melalui video telekonferensi adalah Sekretaris Direktorat Jendral Tanaman Pangan, Direktur Serelia, Ditjen Tanaman Pangan dan Direktur Pakan, Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kepala Kantor Wilayah Dirjen Bea Cukai Bali, NTB dan NTT.(KA-01)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini