tayang 15/07/2020

Gubernur NTB Kembali Umumkan Dua Pasien Positif Covid 19, Masyarakat Diminta Tetap Tenang

Sebarkan:

Mataram, KA.
Gubernur Nusa Tenggara Barat, H  Zulkieflimansyah kembali mengumumkan bahwa  dua warga di Pulau Lombok, NTB positif Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).
“Pada hari ini telah terkonfirmasi dua pasien positif COVID-19,” ujar Gubernur NTB, dalam siaran Persnya, Selasa (31/03/2020).
Dua pasien tersebut, ungkap Gubernur, laki-Iaki 44 tahun penduduk Kota Mataram dengan inisial LJ dan laki-laki 46 tahun penduduk provinsi lain (Bali) dengan inisial YT yang kebetulan bertamu ke Kota Mataram
“Yang  bersangkutan  kemungkinan  tertular  di  luar  NTB  karena  memiliki  riwayat perjalanan ke daerah terjangkit dalam periode 14 hari terakhir,” ungkap Gubernur.
Menurut Gubernur, kedua penderita saat inl sedang dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah  (RSUD) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) sejak tanggal 22  Maret dan 23 Maret 2020. Penderita saat  ini dalam  kondisi semakin  membaik,  menunggu  hasi! test  negatif sebanyak 2 kali, sebelum bisa di pulangkan ke rumah.
“Untuk menghindari penularan  lebih laniut,  petugas  kesehatan  melakukan  Contact Tracing terhadap semua orang yang pernah kontak dengan yang bersangkutan,” ujarnya.
Karenanya, Gubernur berharap kepada semua lapisan masyarakat NTB untuk tetap tenanq, menghindari keramaian,  menjaga  kesehatan dengan  melakukan  Pola Hidup Bersih dan Sehat, dan mengurangi aktifitas di luar rumah.
Pemerintah  Provinsi  juga menyediakan  laman  resmi Satgas  Pemerintah  Provinsi NTB Penanganan  Covid-19   http://corona.ntbprov.go.id.   Layanan   Provincial  Call Centre  (PCC)  Penanganan  Penyebaran  Pandemik  Covid-19   di  NTB   0818  0211 8119.
Sebelumnya diberitakan, kondisi kesehatan dua orang pasien positif virus corona atau Covid-19 yang sebelumnya dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD)Provinsi NTB dinyatakan terus membaik. Namun untuk menyatakan mereka sudah sembuh, tim medis harus menunggu hasil pemeriksaan sampel swab yang dilakukan di laboratorium Litbangkes Kementerian Kesehatan RI.
Kabid Pelayanan RSUD Provinsi NTB dr.Nyoman Wijaya menerangkan, hasil positif untuk pasien 01 tanggal 24 Maret 2020 dan pasien 02 tanggal 25 Maret 2020. Masih dua kali pemeriksaan lagi yang  ditunggu untuk memastikan dua pasien tersebut mudah-mudahan negatif corona atau sembuh
“Hari ini kondisi kedua pasien stabil. Tekanan darah normal berkisar 100 - 110/70, suhu normal berkisar antara 36 - 36,5 derajat,” kata Nyoman Wijaya, Selasa (31/03/2020)
Ia mengatakan, kedua pasien sudah bisa makan minum seperti biasa karena kondisinya memang terus membaik. Namun mereka diperbolehkan pulang setelah hasil pemeriksaan swab negatif dua kali berturut-turut. Adapun jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang masih dirawat di RSUD NTB saat ini sebanyak 12 orang.
Sebagaimana diketahui, kasus pertama virus corona di NTB dipublikasi pada tanggal 24 Maret lalu. Pasien perempuan berusia 50 tahun yang kemudian dikenal dengan pasien 01 tersebut kemungkinan besar terjangkit di luar daerah. Karena pasien pernah melakukan perjalanan ke Jakarta untuk menghadiri berbagai kegiatan dan pulang ke NTB.(KA-04)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini