tayang 15/07/2020

Dilantik, Sekretariat PPK Diminta Kedepankan Independensi

Sebarkan:

Sumbawa Besar, KA
Anggota Sekretariat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se Kabupaten Sumbawa pada Pilkada Sumbawa 2020, resmi dilantik. Pelantikan 72 anggota secretariat PPK tersebut  berlangsung di lantai III Kantor Bupati Sumbawa, Sabtu (7/3).
Pengambilan Sumbawa janji jabatan dilakukan oleh Ketua KPU Sumbawa, sesuai SK nomor: 37/HK.03.1-kpt/5204/02/KPU-Kab/III/2020.
Bupati Sumbawa yang diwakili Sekda H Hasan Basri mengatakan, pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa perlu mendapat perhatian semua pihak, baik Pemerintah, KPU dan Bawaslu, termasuk PPK. Agar pada pelaksanaan Pilkada nanti tidak terjadi kecurangan atau money politic yang dapat mencoreng marwah demokrasi.
Mengingat beratnya tugas PPK sebagai salah satu penyelenggara Pemilu, PPK diminta memiliki komitmen dan integritas, serta terus berupaya memperkuat kapasitas sebagai bagian dari penyelenggara Pilkada. Selain itu, peran penting masyarakat dalam mengawasi penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa juga dianggap perlu. Karena pada hakikatnya Pilkada merupakan wadah keragaman aspirasi masyarakat sebagai konsekuensi kemajemukan di tengah kehidupan demokrasi.
Sementara Ketua KPU Sumbawa - M. Wildan menyatakan, anggota sekretariat PPK terdiri dari satu Sekretaris dan dua Staf sekretariat. Mereka merupakan ASN di Kantor Camat yang diperbantukan oleh Pemda untuk membantu tugas PPK. Dalam menjalankan tugasnya, para anggota Sekretariat PPK diminta tetap mengedepankan independensi, non partisan, tetap mengedepankan sifat jujur adil dalam bekerja. ‘’Mereka sudah terikat dengan kode etik dan kode perilaku sabagai pegangan dalam menjalankan tugasnya. Kemarin ada rakor dengan Pak Tito Menteri dalam Negeri, beliau menjamin seluruh ASN yang ada di Indonesia tetap menjaga netralitasnya. KASN juga mengingatkan jangan pernah atau ingin tidak netral dalam penyelenggaraan. KASN siap mengadili seluruh proses pelanggaran yang dilakukan ASN,’’ pungkasnya. (KA-01)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini