tayang 15/07/2020

GOR Baru Diharap Lahirkan Atlet Berprestasi Sumbawa

Sebarkan:

Sumbawa Besar, KA.
Mimpi untuk memiliki GOR baru bertaraf internasional di Kabupaten Sumbawa nampaknya segera terwujud. OPD terkait telah menyiapkan dokumen lelang untuk rencana pembangunannya.
Ketua KONI Kabupaten Sumbawa - Syamsul Fikri berharap, GOR yang baru ini nantinya dapat melahirkan segudang atlet berprestasi di daerah.
‘’Diharapkan (GOR baru) dapat memicu cabang olahraga dalam memunculkan para atlet berprestasi dan menggairahkan calon atlet baru dalam menekuni olahraga sesuai bakat masing-masing,’’ kata Fikri kepada wartawan.
Dijelaskan, pembangunan GOR bertaraf internasional ini melalui proses panjang dan atas komunikasi serius antara Pemda Sumbawa dan KONI. ‘’Alhamdulillah di tahun ini pembangunannya sudah bisa dilakukan. Dan Sumbawa memiliki GOR type B, selain GOR Mampis Rungan yang sudah ada,’’ ujarnya.
Selain ada GOR, pihaknya juga akan mengupayakan pembangunan stadion bertaraf nasional di areal pembangunan GOR tersebut.
‘’Harapan kami, KONI bersama Pemda yang ada disebut dengan sport center, disitu ada GOR, disitu ada stadion yang bertaraf nasional atau internasional. Namun di GOR ini ada yang representatif untuk cabang olahraga, ada futsal, voli, bulu tangkis, takraw semua ada disitu. Dan kapaitasnya sekitar 2.700 penonotn dan dilengkapi tribun yang represntatif,’’ pungkasnya.
Diberitakan sebelumnya, Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Dispopar) saat ini sedang menyiapkan dokumen lelang, dan recananya dalam waktu dekat diserahkan ke Bagian Layanan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LPBJP) Setda Sumbawa, untuk pembangunan GOR bertarap internasional.
GOR ini akan dibangun di eks Asrama Haji, dengan anggaran sekitar Rp 14,8 miliar bersumber dari DAK Sub Bidang Olahraga Kemenpora. Anggaran tersebut terbagi untuk pembangunan fisik sekitar Rp 14,38 miliar dan sisanya untuk kelengkapan sarana dan prasarana penunjang olahraga.
Adapun penetapan GOR dari Kementerian kementerian harus melayani sejumlah cabang olahraga seperti Bulu Tangkis, Sepak Takraw, Voli, Futsal dan Basket. Namun bisa juga digunakan untuk cabor lain, yang penting disyaratkan sudah dibangun dan harus bertaraf internasional. Kualifikasi, sarana prasarana, ukuran lapangan, taraf internasional. (KA-01)















Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini