tayang 15/07/2020

Bupati Sumbawa Canangkan GERMAS Tahun 2019

Sebarkan:

Sumbawa Besar, KA.
Dinas Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Barat bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Sumbawa mencanangkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) di Gedung Graha H. Djibril Desa Motong Kec. Utan pada Jum’at pagi (6/12/2019).
Kegiatan itu  diawali dengan senam bersama dilanjutkan dengan jalan santai. Hadir Bupati Sumbawa beserta Hj. Amien Rahmani Husni Djibril, Ketua Pengadilan Negeri Sumbawa Besar, Sekretaris Daerah Sumbawa, asisten Administrasi  umum Sekda Daerah Kab. Sumbawa, Sekretaris Dinas Kesehatan NTB, Para Kepala OPD, Camat Utan dan perangkat kecamatan serta para peserta senam sehat.
Dalam sambutannya, Bupati Sumbawa, H.M Husni Djibril, B.Sc mengatakan, atas nama pimpinan daerah Kabupaten Sumbawa, menyampaikan apresiasi dan menyambut baik terselenggaranya kegiatan ini. Insya Allah kegiatan ini dapat menjadi pemicu meningkatnya derajat kesehatan masyarakat Kabupaten Sumbawa, sebagai investasi bagi pembangunan sumber daya manusia yang produktif baik secara sosial maupun ekonomi.
“Kesehatan masyarakat pada dasarnya sangat berkaitan erat dengan perilaku dan lingkungan. Penyakit dengan kategori penyakit tidak menular sebenarnya bisa dicegah dengan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat di lingkungan rumah tangga masing-masing. Dengan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat ini, maka kesadaran untuk menjaga lingkungan akan ikut dengan sendirinya,” ujarnya.
Bupati berharap semua pihak bersama sama membudayakan gerakan masyarakat hidup sehat. Dan pencanangan Germas pada hari ini mudah-mudahan dapat menjadi momentum bagi masyarakat guna membudayakan pola hidup sehat untuk meningkatkan kualitas hidupnya di masa kini maupun di masa depan.
Diakhir sambutannya Bupati meminta kepada Sekretaris Daerah Sumbawa agar mencari dan mempetakan merumuskan agar di Sumbawa mulai minggu depan sudah ada wilayah yang namanya Car Free day.
“Jika di Kecamatan – Kecamatan mau dibentuk juga silahkan. Kalau mau Sumbawa ini sehat, cerdas bukalah ruang kepada publik untuk diberikan kesempatan untuk berolah raga, hanya pagi saja dan dilakukan pada hari minggu. Sehingga kedepan akan dapat kita rasakan manfaatnya,” tukasnya.
Sebelumnya kepala Dinas Kesehatan Sumbawa Drs.H. Didi Darsani, Apt menyampaikan bahwa kegiatan ini semata mata untuk mengenalkan kepada masyarakat bahwa pentingnya  Gerakan  Hidup Sehat bagi semua. Sebab, saat ini pola penyakit yang dulu nya dominan  penyakit yang menular sekarang penyakit-penyakit tidak menular mulai menjadi peringkat teratas menggeser penyakit menular lainnya.
Gerakan hidup sehat ini merupakan jawaban karena paradigma sehat sekarang bertumpu pada upaya promotif dan preventif yang sangat penting.
“Kami berharap kepada Dinas Kesehatan Provinsi NTB agar kegiatan ini perlu dilakukan atau dilaksanakan sebanyak dua atau tiga kali dalam setahun dari Provinsi dan Kabupaten juga akan melaksanakan kegiatan serupa,” pungkasnya.(KA-01)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini