tayang 15/07/2020

Bupati Minta Fasilitas Pemerintah Ramah Terhadap Penyandang Disabilitas

Sebarkan:

Sumbawa Besar, KA.
Bupati Sumbawa  meminta sejumlah fasilitas dilingkup Pemkab Sumbawa harus ramah bagi penyandang disabilitas.
 “Semoga peringatan ini bisa menggugah kesadaran kita semua akan pentingnya pemenuhan perlindungan dan penegakan hak penyandang disabilitas di berbagai sektor kehidupan, karena itu seluruh fasilitas-fasilitas pemerintah harus ramah terhadap penyandang disabilitas,” ungkap Sekda Sumbawa Drs. H. Hasan Basri, MM, mewakili Bupati Sumbawa saat Peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) dan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) tingkat Kabupaten Sumbawa tahun 2019, di Halaman Kantor Dinas Sosial Sumbawa, Kamis (12/12/2019).
Disampaikan, Peringatan Hari Disabilitas Internasional yang dirangkaikan Dengan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional yang digelar hari ini menjadi momentum dalam mengapresiasi dan memberikan ekspektasi yang tinggi kepada pekerja-pekerja sosial dan pilar-pilar sosial lainnya dalam membawa amanah pembangunan kesejahteraan sosial, sebagaimana yang tertoreh jelas dalam pancasila dan pembukaan uud 1945 dalam melahirkan kesejahteraan dan keadilan sosial.
Dikesempatan tersebut juga, ia juga mengapresiasi kinerja jajaran Dinas Sosial Sumbawa yang selama ini telah bekerja keras dalam menggerakkan dan memberikan penguatan bagi program kesejahteraan sosial di Sumbawa.
Ia juga mengajak seluruh Pimpinan OPD, Camat, Kepala Desa/Lurah dan mitra kerja serta seluruh masyarakat untuk bersinergi dalam gerakan  pembangunan kesejahteraan sosial di Sumbawa.
“Mari terus kita bangun  daerah ini dengan semangat kesetiakawanan sosial dan menjadikan para penyandang disabilitas sebagai bagian dari masyarakat sumbawa yang perlu dilindungi hak-haknya,” pungkasnya.
Sementara itu, Direktorat  Pengelolaan Sumber Dana Bantuan Sosial Kementrian Sosial RI Ibu Aski Indaryanti, menyampaikan bahwa  dana yang diperoleh oleh Direktorat  Pengelolaan Sumber Dana Bantuan Sosial berasal dari dana hibah dari semua perijinan undian dan dana hibah tersebut diperuntuhkan untuk PMKS (Penyadang Masalah Kesejahteraan Sosial) termasuk diantaranya penyandang disabilitas.
Dikesempatan tersebut juga beliau memberikan semangat kepada para penyandang disabilitas yang hadir pada kesempatan.
“Saya yakin dengan kekurangan yang dimiliki, tuhan memberikan kelebihan, jadi bapak ibu penyandang disabilitas jangan merasa minder dan tetap semangat,” tukasnya.
Sebelumnya, Kepala Dinas Sosial Ir. A. Yani dalam laporannya menyampaikan bahwa bahwa peringatan HDI dan HKNS Kabupaten Sumbawa tahun 2019 menjadi momentum sejarah dan muhasabah, sekaligus ikhtiar penguatan semangat kolektif bersama dalam kesatuan gerak langkah dalam menjawab dan mengimplementasikan cita-cita luhur bangsa Indonesia yang tercantum dalam pancasila dan pembukaan UUD 1945.
Pada kesempatan tersebut, Kadis Sosial juga mengapungkan catatan-catatan tahun 2019, bahwa Kabupaten Sumbawa melalui program Sistem Layanan Rujukan Terpadu (SLRT) menjadi Role Model Nasional, Pemberdayaan Komunitas Adat Terpencil (KAT) memiliki komitmen tinggi secara nasional sebagai hasil penelitian Kementerian Sosial RI, Indeks DAK fisik sosial tertinggi di NTB dan PSM teladan tingkat nasional mewakili NTB. (KA-01) 

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini